![Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Sulawesi Selatan](/img/600x600/foto-masjid-dkm-mosque-icon.jpg)
Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan
Temukan keunggulan Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah di Sulawesi Selatan. Pendidikan berkualitas untuk masa depan cerah! Bergabunglah dengan Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah, tempat pendidikan terbaik di Sulawesi Selatan yang membentuk generasi cerdas.
Jln. Pendidikan Rt 003/02 Kel. Ereng-Ereng. Kab/Kota Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan
Pengurus: Drs. M.Nawir,
Alamat Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan
Sulawesi Selatan
Peta Lokasi Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/9.jpg)
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/10.jpg)
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/11.jpg)
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/12.jpg)
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/13.jpg)
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/14.jpg)
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/15.jpg)
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/16.jpg)
Jadwal Sholat di Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan
"Apabila kamu telah menyelesaikan sholat, berdzikirlah kepada Allah (mengingat dan menyebut-Nya), baik ketika kamu berdiri, duduk, maupun berbaring. Apabila kamu telah merasa aman, laksanakanlah sholat itu (dengan sempurna). Sesungguhnya sholat itu merupakan kewajiban yang waktunya telah ditentukan atas orang-orang mukmin."
Bulan FEBRUARI 2025 (2 SYA'BAN 1446 s.d. 29 SYA'BAN 1446 ) | |||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Bantaeng (0° 0' 0" LS 0° 0' 0" BT GMT+7) | |||||||
Tgl Masehi | Tgl Hijriah | Shubuh | Dhuhur | Ashar | Maghrib | Isya' | |
1 Februari 2025 | 04:52 | 12:18 | 15:38 | 18:20 | 19:31 | ||
2 Februari 2025 | 04:52 | 12:18 | 15:37 | 18:20 | 19:31 | ||
3 Februari 2025 | 04:52 | 12:18 | 15:37 | 18:20 | 19:31 | ||
4 Februari 2025 | 04:53 | 12:18 | 15:37 | 18:20 | 19:31 | ||
5 Februari 2025 | 04:53 | 12:18 | 15:37 | 18:21 | 19:31 | ||
6 Februari 2025 | 04:53 | 12:18 | 15:37 | 18:21 | 19:31 | ||
7 Februari 2025 | 04:53 | 12:18 | 15:37 | 18:21 | 19:31 | ||
8 Februari 2025 | 04:53 | 12:18 | 15:36 | 18:21 | 19:31 | ||
9 Februari 2025 | 04:53 | 12:18 | 15:36 | 18:21 | 19:31 | ||
10 Februari 2025 | 04:54 | 12:18 | 15:36 | 18:21 | 19:30 | ||
11 Februari 2025 | 04:54 | 12:18 | 15:35 | 18:21 | 19:30 | ||
12 Februari 2025 | 04:54 | 12:18 | 15:35 | 18:21 | 19:30 | ||
13 Februari 2025 | 04:54 | 12:18 | 15:35 | 18:21 | 19:30 | ||
14 Februari 2025 | 04:54 | 12:18 | 15:34 | 18:21 | 19:30 | ||
15 Februari 2025 | 04:54 | 12:18 | 15:34 | 18:20 | 19:30 | ||
16 Februari 2025 | 04:54 | 12:18 | 15:34 | 18:20 | 19:30 | ||
17 Februari 2025 | 04:54 | 12:18 | 15:33 | 18:20 | 19:29 | ||
18 Februari 2025 | 04:54 | 12:18 | 15:33 | 18:20 | 19:29 | ||
19 Februari 2025 | 04:54 | 12:18 | 15:32 | 18:20 | 19:29 | ||
20 Februari 2025 | 04:54 | 12:18 | 15:32 | 18:20 | 19:29 | ||
21 Februari 2025 | 04:54 | 12:17 | 15:31 | 18:20 | 19:29 | ||
22 Februari 2025 | 04:54 | 12:17 | 15:31 | 18:20 | 19:28 | ||
23 Februari 2025 | 04:54 | 12:17 | 15:30 | 18:20 | 19:28 | ||
24 Februari 2025 | 04:54 | 12:17 | 15:29 | 18:19 | 19:28 | ||
25 Februari 2025 | 04:54 | 12:17 | 15:29 | 18:19 | 19:28 | ||
26 Februari 2025 | 04:54 | 12:17 | 15:28 | 18:19 | 19:27 | ||
27 Februari 2025 | 04:54 | 12:17 | 15:27 | 18:19 | 19:27 | ||
28 Februari 2025 | 04:54 | 12:16 | 15:27 | 18:19 | 19:27 |
فَاِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلٰوةَ فَاذْكُرُوا اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِكُمْ ۚ فَاِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ ۚ اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا
Artinya: "Apabila kamu telah menyelesaikan sholat, berdzikirlah kepada Allah (mengingat dan menyebut-Nya), baik ketika kamu berdiri, duduk, maupun berbaring. Apabila kamu telah merasa aman, laksanakanlah sholat itu (dengan sempurna). Sesungguhnya sholat itu merupakan kewajiban yang waktunya telah ditentukan atas orang-orang mukmin."
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/17.jpg)
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/18.jpg)
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/19.jpg)
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/20.jpg)
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/21.jpg)
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/22.jpg)
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/23.jpg)
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/24.jpg)
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/25.jpg)
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/26.jpg)
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/27.jpg)
Pondok Pesantren: Tradisi yang Menginspirasi Masa Depan Generasi Bangsa
Lembaga pesantren adalah fondasi pendidikan di Indonesia yang berjalan sejak ratusan tahun lalu. Dalam suasana yang merangkul pendidikan agama dan kedisiplinan, pesantren mampu menghasilkan generasi penerus bangsa dengan karakter teguh dan wawasan luas. Hingga kini, keberadaan pesantren terus bertransformasi untuk menjawab tantangan era saat ini. Mulai dari hafalan Al-Qur’an hingga penguasaan keterampilan teknologi, pesantren kini menjadi lebih dari sekadar tempat belajar agama.
Berdasarkan data Kementerian Agama RI, jumlah pesantren terus meningkat setiap tahun, dengan lebih dari 30.000 pesantren tersebar di seluruh Indonesia. Angka tersebut memperlihatkan bahwa masyarakat semakin mengakui pada peran lembaga pesantren dalam membentuk moral dan intelektualitas anak-anak bangsa. Artikel ini akan mengkaji apa itu pondok pesantren, mengapa pendidikan di pesantren penting, dan bagaimana lembaga ini berkembang untuk tetap relevan di era digital.
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/2.jpg)
Apa Itu Pondok Pesantren?
Definisi dan Makna Pondok Pesantren
Pondok pesantren adalah institusi Islam yang tidak hanya menyediakan ilmu agama tetapi juga menekankan pengembangan karakter melalui proses pembinaan di asrama. Kehidupan santri di pesantren berpusat pada tata tertib, kemandirian, dan kebersamaan.
Secara tradisional, kurikulum pesantren fokus pada teks tradisional dan ilmu agama seperti kajian Al-Qur’an dan syariah. Namun, banyak pesantren modern juga mengintegrasikan pendidikan nasional. Ini memungkinkan santri tidak hanya mendalami agama dengan baik tetapi juga siap menghadapi tantangan dunia kerja.
Pondok pesantren telah lama menjadi pusat pendidikan yang berpadu di tengah masyarakat. Keberadaannya erat kaitannya dengan budaya setempat, menciptakan lingkungan yang nyaman dan sesuai dengan norma budaya daerah setempat.
Sistem pendidikan di pesantren tidak hanya mengedepankan pengetahuan, tetapi juga pengalaman hidup yang berharga bagi para santri. Penggabungan antara teori dan praktik membuat alumni pesantren mampu beradaptasi dengan berbagai situasi.
Sejarah dan Asal-usul Pesantren di Indonesia
Pesantren paling awal di Indonesia diperkirakan muncul pada abad ke-13 dengan berkembangnya Islam di Nusantara. Salah satu pesantren tertua adalah Pesantren di Ponorogo, yang didirikan pada abad ke-18.
Dari dulu, pesantren berfungsi sebagai tempat penyebaran ilmu bagi masyarakat sekitar. Para kiai memegang peran sentral sebagai pendidik dan tokoh spiritual yang disegani.
Pesantren pada masa lalu sangat fokus pada pendidikan agama tradisional. Namun, dalam beberapa dekade terakhir, pesantren mulai merambah program pendidikan modern dan pendidikan keterampilan, membuka peluang lebih luas bagi para santri.
Evolusi ini terjadi seiring tuntutan masyarakat akan pembelajaran menyeluruh. Saat ini, pesantren tidak hanya mencetak pemuka agama, tetapi juga melahirkan tenaga ahli di berbagai bidang.
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/3.jpg)
Mengapa Pendidikan Pesantren Menjadi Pilar Penting bagi Anak Bangsa?
Bagaimana Pesantren Membentuk Karakter dan Etika Santri?
Pembentukan moralitas menjadi fokus utama dalam pendidikan pesantren.
Pesantren mendorong santri untuk menjalani kehidupan dengan sikap disiplin, rendah hati, dan menghargai sesama.
Sistem pembelajaran berbasis komunitas membantu santri memahami empati dan tanggung jawab sosial.
Pesantren menekankan pentingnya kepatuhan terhadap ajaran agama, membekali santri dengan panduan moral yang kuat.
Santri dari pesantren tidak hanya berprestasi secara akademis tetapi juga memiliki moral dan integritas tinggi.
Sinergi Pendidikan Agama dan Akademik di Pesantren
Keistimewaan pesantren terletak pada kurikulumnya yang menggabungkan ilmu agama dan ilmu formal.
Pesantren memberikan pendidikan lengkap yang meliputi ilmu agama dan pelajaran formal seperti sains dan bahasa.
Beberapa pesantren telah bermitra dengan lembaga formal guna memastikan santri mendapat ijazah yang diakui.
Pesantren melahirkan lulusan yang tidak hanya kompeten dalam agama tetapi juga siap bersaing di dunia profesional.
Melalui pendidikan integratif, pesantren menghasilkan individu yang tangguh secara agama dan kompetitif di dunia kerja.
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/4.jpg)
Bagaimana Lembaga Pendidikan Islam Beradaptasi dengan Perubahan Zaman?
Digitalisasi Pendidikan di Lembaga Pendidikan Keagamaan
Di era modern, pondok pesantren mulai mengadopsi teknologi untuk mendukung proses proses belajar mengajar. Banyak pondok pesantren kini menyediakan akses jaringan online dan perangkat komputer bagi santri.
Beberapa pesantren bahkan menawarkan program pembelajaran daring dan kursus kompetensi IT. Hal ini membuka peluang bagi santri untuk mengembangkan kemampuan di bidang informasi digital.
Dengan memanfaatkan teknologi, pesantren juga memperluas akses proses belajar bagi masyarakat yang berada di wilayah terpencil. Ini membuat pendidikan di pesantren semakin merata.
Langkah ini menunjukkan bahwa pesantren tidak usang, tetapi terus berinovasi agar tetap relevan dengan perkembangan teknologi.
Kurikulum Lembaga Pendidikan Islam dan Tantangan Global
Untuk menghadapi tantangan global, banyak pesantren kini menawarkan program pendidikan bahasa asing, seperti English dan Arabic. Ini membantu santri berkompetisi di tingkat dunia.
Selain itu, pesantren juga mulai memasukkan pendidikan bisnis dalam kurikulum mereka. Santri diajarkan cara mengelola bisnis dan berinovasi dalam dunia usaha.
Pondok pesantren yang adaptif juga berperan dalam mengajarkan nilai-nilai pluralisme dan penghargaan terhadap perbedaan. Ini penting dalam membentuk generasi muda yang menghargai perbedaan kultur dan keyakinan.
Kurikulum yang disesuaikan dengan tantangan global membuat lulusan pesantren lebih siap menghadapi persaingan dan berkontribusi secara positif bagi masyarakat.
Lembaga pesantren bukan hanya tempat pendidikan, tetapi juga berperan sebagai perisai bagi generasi muda. Dengan kombinasi pelajaran agama dan pelajaran umum, pesantren memberikan bekal lengkap bagi santri untuk menghadapi hari esok.
![Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan](/img/pesantren/5.jpg)
Seiring dengan kemajuan era modern, pesantren terus mengembangkan diri agar tetap relevan dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Pemanfaatan teknologi dan materi pelajaran modern menjadi kunci dalam menjaga peran penting pesantren.
Pembelajaran di pesantren tidak hanya mencetak pribadi yang cerdas dan berintegritas, tetapi juga pemimpin yang berkarakter kuat. Ini menjadikan pesantren sebagai salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan Indonesia.
Bagi Anda yang mencari sekolah bermutu dengan nilai-nilai keagamaan yang kuat, lembaga pesantren adalah pilihan tepat. Dengan tradisi dan inovasi yang seimbang, pesantren akan terus menjadi bagian penting dari sistem pendidikan masa depan.
Berita dari Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng
Artikel pilihan untuk peningkatan pengetahuan dan berbagi dari Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah Bantaeng.