Informasi Masjid dan Mushola di KAB. HALMAHERA BARAT

Temukan Masjid Raya, Masjid Agung, Masjid Besar, Masjid Jami, Masjid Umum, Masjid Bersejarah, Masjid Kampus/Sekolah, Masjid Perumahan, Masjid di Mall/Pasar, Masjid Pesantren, Masjid Kantor, Mushola di KAB. HALMAHERA BARAT

Dan berpegang teguhlah kamu semuanya pada tali (Agama) Allah dan janganlah kamu bercerai berai

Qs Ali Imran : 103

Tentang KAB. HALMAHERA BARAT

Kabupaten Halmahera Barat adalah salah satu kabupaten di Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di kecamatan Jailolo. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.704,00 km² dan pada akhir tahun 2023, jumlah penduduk Halmahera Barat sebanyak 137.543 jiwa.

Kabupaten Halmahera Barat merupakan salah satu Kabupaten yang dimekarkan dari Kabupaten Maluku Utara yang semula merupakan Kabupaten Induk berdasarkan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Kepulauan Sula dan Kota Tidore Kepulauan pada tanggal 25 Februari 2003.

Mayoritas penduduk kabupaten Halmahera Barat menganut agama Kristen Protestan, kemudian Islam, sebagian kecil beragama Katolik, dan Hindu. Kristen Protestan berjumlah 61,29% dari 114.956 jiwa (2018), kemudian Islam 38,27%, Katolik 0,42 %, dan Hindu 0,02%.

Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tercatat setidaknya ada bahasa daerah yang ada di Halmahera Barat. Bahasa tersebut diantaranya bahasa Galela, Ternate, Ibu, Gorap, dan bahasa Sahu. Bahasa Ibu atau disebut juga bahasa Ibo, salah satu bahasa di Halmahera Barat yang terancam punah. Hasil tersebut diperoleh berdasarkan hasil penelitian dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sejak 1991-2017.

Artikel bertopik geografi atau tempat Indonesia ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

Berita dari Masjid

Artikel pilihan untuk peningkatan pengetahuan dan berbagi dari seluruh masjid di Indonesia.