Informasi Masjid dan Mushola di KAB. KEP. SIAU TAGULANDANG BIARO

Temukan Masjid Raya, Masjid Agung, Masjid Besar, Masjid Jami, Masjid Umum, Masjid Bersejarah, Masjid Kampus/Sekolah, Masjid Perumahan, Masjid di Mall/Pasar, Masjid Pesantren, Masjid Kantor, Mushola di KAB. KEP. SIAU TAGULANDANG BIARO

Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar.

Qs. Ar-Rum : 60

Tentang KAB. KEP. SIAU TAGULANDANG BIARO

Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro atau disingkat Kabupaten Sitaro adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia, dengan ibu kota Ondong Siau. Kabupaten ini berasal dari pemekaran wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe Dan Talaud pada tahun 2007. Jumlah penduduk kabupaten ini hingga akhir tahun 2021 berjumlah 72.135 jiwa. Kabupaten ini memiliki nama kabupaten/kota terpanjang di Indonesia dengan 32 karakter dan 29 huruf.

Terbentuknya Kabupaten Kepulauan Sitaro merupakan cita cita dan perjuangan bersama semua elemen masyarakat, pemerintah dan Panitia Pembentukan Kabupaten Sitaro. Kabupaten ini di bentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2007 tanggal 2 Januari 2007 dan diresmikan pada tanggal 23 Mei 2007 sekaligus dengan pelantikan Pj. Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Idrus Mokodompit. Saat ini kabupaten ini dipimpin oleh Pejabat Bupati Drs. Joi Eltiano Bernadin Oroh yang dilantik pada 25 September 2023 oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Utara menggantikan Bupati Evangelian Sasingen, SE. serta Wakil Bupati Drs. John Heit Palandung, M.Si yang telah mengakhiri masa jabatan Kepala Daerah.

Secara kelembagaan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro terdiri dari Sekretariat Daerah dengan 3 Asisten dan 6 Bagian; Sekretariat DPRD dengan 1 Sekwan dan 2 Bagian; 10 Dinas; 4 Badan; 10 Kecamatan; 4 Kelurahan; 80 Kampung; 3 Cabang Dinas dan 10 Puskesmas.

Berikut ini adalah komposisi anggota DPRD Sitaro berdasarkan asal partai politik sejak periode pertama hingga hasil Pemilu 2019.

Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro terdiri dari 10 kecamatan, 10 kelurahan, dan 83 desa. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 72.203 jiwa dengan luas wilayah 275,86 km² dan sebaran penduduk 262 jiwa/km².

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, adalah sebagai berikut:

Keadaan tanah sangat subur dan cocok untuk pertumbuhan dan perkembangan berbagai jenis tanaman terutama tanaman pertanian dan perkebunan. Hal ini terkait dengan jalur Sirkum Pasifik yang melintasi wilayah ini yang ditandai dengan keberadaan sejumlah gunung berapi yaitu Gunung Api Karangetang di Pulau Siau dan Gunung Api Ruang di Pulau Tagulandang yang hingga saat ini masih aktif menyemburkan material perut bumi sebagai pupuk alami. Keadaan tanah bergunung dan berbukit - bukit.

Perkebunan di Siau yang sangat subur diakibatkan debu vulkanik dari gunung karangetang dimanfaatkan untuk tanaman pala. Produksi pala sitaro pada tahun 2007 mencapai 1,66 juta ton yang dihasilkan dari lahan tanaman pala sekitar 3000 hektare. Sedangkan untuk tanaman kelapa yang ada di Siau kurang dimanfaatkan oleh karena harga jual pala lebih dari kelapa. Ekspor perikanan laut Sitaro mencapai 6000 ton/tahun, namun pemanfaatan sumber perikanan ini masih tergolong usaha kecil dan tradisional.

Gunung Karangetang yang berada di kabupaten ini adalah salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia dengan letusan sebanyak lebih dari 40 kali sejak 1675 serta banyak letusan kecil yang tidak terdokumentasi pada catatan sejarah. Pada tanggal 8 Desember 2009 terjadi bencana banjir bandang di Pulau Siau.

Berita dari Masjid

Artikel pilihan untuk peningkatan pengetahuan dan berbagi dari seluruh masjid di Indonesia.