Informasi Masjid dan Mushola di KAB. SORONG SELATAN

Temukan Masjid Raya, Masjid Agung, Masjid Besar, Masjid Jami, Masjid Umum, Masjid Bersejarah, Masjid Kampus/Sekolah, Masjid Perumahan, Masjid di Mall/Pasar, Masjid Pesantren, Masjid Kantor, Mushola di KAB. SORONG SELATAN

Dan berpegang teguhlah kamu semuanya pada tali (Agama) Allah dan janganlah kamu bercerai berai

Qs Ali Imran : 103

Informasi Masjid di KAB. SORONG SELATAN belum tersedia

Tentang KAB. SORONG SELATAN

Kabupaten Sorong Selatan adalah sebuah kabupaten di Provinsi Papua Barat Daya, Indonesia yang merupakan pemekaran Kabupaten Sorong. Luas daratannya adalah 7.789,92 km². Jumlah penduduk yang teregistrasi di kabupaten ini pada pertengahan tahun 2023 berjumlah 52.854 jiwa. Ibukota Kabupaten Sorong Selatan adalah Teminabuan.

Pada 27 Oktober 2008 keluarlah Keputusan Bupati Sorong Selatan Nomor 133 Tahun 2008 tentang Penyerahan Sebagian Cakupan Wilayah Bawahan Kabupaten Sorong Selatan ke Kabupaten Sorong, wilayah yang diserahkan terdiri atas 11 (sebelas) distrik, yaitu:

Pada 16 Januari 2009, disahkanlah UU RI Tahun 2009 Nomor 13 tentang Pembentukan Kabupaten Maybrat sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Sorong. Adapun komposisi distrik bawahannya adalah tepat sama dengan komposisi distrik di atas. Ini terjadi karena pemekaran dari Kabupaten Sorong Selatan belum memenuhi syarat teknis dan legalitas, jadi upaya percepatan berupa pemindahan kembali 11 distrik dari calon distrik Kabupaten Maybrat untuk sementara waktu ke kabupaten induknya dan dilanjutkan dengan proses pembentukan Kabupaten Maybrat sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Sorong, bukan dari Kabupaten Sorong Selatan.

Kabupaten Sorong Selatan memiliki tiga kelompok suku asli yaitu Suku Tehit, Imekko, dan Maybrat. Suku Imekko sendiri merupakan singkatan dari Inanwatan, Metemani, Kais, dan Kokoda. Beberapa wilayah Suku Maybrat sudah memisahkan diri menjadi Kabupaten Maybrat sejak 2009

Kabupaten Sorong Selatan terdiri dari 15 kecamatan, 2 kelurahan, dan 121 desa. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 57.676 jiwa dengan luas wilayah 6.594,31 km² dan sebaran penduduk 9 jiwa/km².

Berita dari Masjid

Artikel pilihan untuk peningkatan pengetahuan dan berbagi dari seluruh masjid di Indonesia.