Informasi Masjid dan Mushola di KAB. HALMAHERA TIMUR

Temukan Masjid Raya, Masjid Agung, Masjid Besar, Masjid Jami, Masjid Umum, Masjid Bersejarah, Masjid Kampus/Sekolah, Masjid Perumahan, Masjid di Mall/Pasar, Masjid Pesantren, Masjid Kantor, Mushola di KAB. HALMAHERA TIMUR

Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar.

Qs. Ar-Rum : 60

Tentang KAB. HALMAHERA TIMUR

Kabupaten Halmahera Timur adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Pusat pemerintahan atau ibukota kabupaten ini berada di kecamatan Kota Maba. Penduduk kabupaten Halmahera Timur pada akhir tahun 2023 berjumlah 97.895 jiwa, dengan kepadatan 14 jiwa/km2.

Kabupaten ini memiliki potensi nikel yang besar terutama di Kecamatan Maba yang terdiri dari kawasan pesisir Tanjung Buli dan pulau-pulau kecil disekitarnya seperti Pulau Pakal, Gei, dan Mabuli. Salah satu perusahaan yang beroperasi adalah PT Aneka Tambang (Antam) yang sedang membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian atau smelter ferronikel disana.

Halmahera Timur juga terdapat Taman Nasional Aketajawe-Lolobata yang terletak di Kecamatan Wasile Selatan dan memiliki berbagai fauna endemik seperti bidadari halmahera. Hutan di Halmahera Timur juga masih ditemui suku terasing yaitu Suku Togutil.

Kabupaten Halmahera Timur berdiri sejak tahun tahun 2003 berdasarkan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2003, dimana kabupaten Halmahera Tengah dimekarkan menjadi tiga kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Halmahera Tengah sebagai kabupaten induk kemudian Kabupaten Halmahera Timur dan Kota Tidore Kepulauan.

Secara geomorfologi wilayah Kabupaten Halmahera Timur terletak pada posisi antara 0°40’ – 104’Lintang Utara dan 127°50’ sampai dengan 129°30’ Bujur Timur. Sementara secara administratif, Kabupaten Halmahera Timur berbatasan langsung dengan tiga kabupaten/kota yaitu Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Tengah, dan Kota Tidore Kepulauan. Halmahera Timur. Kabupaten Halmahera Timur juga berbatasan langsung dengan Teluk Buli, Laut Halmahera dan Samudera Pasifik.

Kabupaten Halmahera Timur terdiri atas 10 kecamatan dan 102 desa dengan luas wilayah 6.571,37 km² dan jumlah penduduk 90.924 jiwa (2017). Kode Wilayah Kabupaten Halmahera Timur adalah 82.06.

Artikel bertopik geografi atau tempat Indonesia ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

Berita dari Masjid

Artikel pilihan untuk peningkatan pengetahuan dan berbagi dari seluruh masjid di Indonesia.