Informasi Masjid dan Mushola di KAB. MALUKU BARAT DAYA

Temukan Masjid Raya, Masjid Agung, Masjid Besar, Masjid Jami, Masjid Umum, Masjid Bersejarah, Masjid Kampus/Sekolah, Masjid Perumahan, Masjid di Mall/Pasar, Masjid Pesantren, Masjid Kantor, Mushola di KAB. MALUKU BARAT DAYA

Tidakkah dia menyadari bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya ?

Qs Al-Alaq : 14

Tentang KAB. MALUKU BARAT DAYA

Kabupaten Maluku Barat Daya adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Maluku, Indonesia. Ibu kotanya berada di kelurahan Tiakur salah satu kelurahan di kecamatan Moa Lakor. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Kabupaten Maluku Barat Daya merupakan salah satu kabupaten yang berada di sebelah selatan Provinsi Maluku dan juga berada di sebelah selatan Laut Banda dan berbatasan langsung dnegan negara tetangga Timor Leste. Secara astronomis, wilayah kabupaten ini terletak di antara 6°18' Lintang Selatan hingga 8°37' Lintang Selatan dan 125°44' Bujur Timur hingga 130°05' Bujur Timur.

Sebagai wilayah kabupaten yang berbentuk kepulauan, Kabupaten Maluku Barat Daya terdiri atas setidaknya 48 pulau yang tujuh di antaranya merupakan pulau-pulau terluar wilayah Indonesia. Luas wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya secara keseluruhan adalah 72.427,2 km² dengan luas wilayah daratan sebesar 8.648 km² (11,9% dari total luas wilayah) dan luas wilayah perairan sebesar 63.779,2 km² (88,1% dari total luas wilayah). Wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya terbagi dalam beberapa gugusan pulau, yaitu

Wilayah kabupaten Maluku Barat Daya memiliki iklim tropis basah dan kering (Aw) yang dipengaruhi oleh pergerakan angin muson serta pengaruh dari perairan Laut Banda, Laut Arafuru, dan Samudera Indonesia. Tingkat kelembapan rata-rata di wilayah ini bervariasi antara 70% hingga 80% tiap tahunnya. Curah hujan rerata per tahunnya berkisar antara 800–2000 mm. Musim penghujan biasanya berlangsung pada bulan Desember hingga Mei yang disebabkan oleh pengaruh angin baratan dan pola cuaca lokal di kepulauan sekitar Laut Banda. Sementara itu, musim kemarau berlangsung pada periode Juli hingga November yang disebabkan oleh angin tenggara dari benua Australia yang bersifat kering dan sedikit memiliki uap air.

Kabupaten Maluku Barat Daya terdiri atas 17 kecamatan, 1 kelurahan, dan 117 desa dengan luas wilayah 4.581,06 km² dan jumlah penduduk 66.805 jiwa (2017). Kode Wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya adalah 81.07.

Artikel bertopik geografi atau tempat Indonesia ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

Berita dari Masjid

Artikel pilihan untuk peningkatan pengetahuan dan berbagi dari seluruh masjid di Indonesia.