Informasi Masjid dan Mushola di KAB. BOLAANG MONGONDOW UTARA

Temukan Masjid Raya, Masjid Agung, Masjid Besar, Masjid Jami, Masjid Umum, Masjid Bersejarah, Masjid Kampus/Sekolah, Masjid Perumahan, Masjid di Mall/Pasar, Masjid Pesantren, Masjid Kantor, Mushola di KAB. BOLAANG MONGONDOW UTARA

Tidakkah dia menyadari bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya ?

Qs Al-Alaq : 14

Tentang KAB. BOLAANG MONGONDOW UTARA

Kabupaten Bolaang Mongondow Utara adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Ibu kotanya adalah Boroko. Banyaknya penduduk kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Gorontalo Utara. Provinsi Gorontalo ini, berjumlah 83.112 jiwa per tahun 2020, dan sebanyak 87.301 jiwa pada akhir 2023.

Kabupaten ini disetujui pemekarannya dari Kabupaten Bolaang Mongondow oleh Dewan Perwakilan Rakyat pada tanggal 8 Desember 2006. Kabupaten ini kemudian dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2007 pada tanggal 2 Januari 2007.

Kabupaten ini memiliki 2 gunung, yaitu Gunung Gambuta dan Gunung Paupau. Ada 2 sungai melewati kabupaten ini, yaitu Sungai Sangkub dan Sungai Ayong. Keduanya ada di Kecamatan Sangkub.

Kabupaten Bolaang Mongondow Utara terdiri dari 6 kecamatan, 1 kelurahan, dan 106 desa. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 87.881 jiwa dengan luas wilayah 1.680,00 km² dan sebaran penduduk 52 jiwa/km².

Penduduk asli kabupaten ini adalah Suku Kaidipang dan Suku Bintauna. Di beberapa wilayah di Bolaang Mongondow Utara juga terdapat masyarakat dari Suku Mongondow

Ada 2 bahasa daerah di kabupaten ini, yaitu bahasa Kaidipang dan bahasa Bintauna. Selain kedua bahasa tersebut, Bahasa Mongondow juga dituturkan di beberapa wilayah di kabupaten ini.

Berikut jumlah penganut Agama per tahun 2020, berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri 31 Desember 2020;

Terdapat 1 rumah sakit di Kecamatan Bolaang Itang Barat, 11 Puskesmas di seluruh kabupaten; serta 16 Puskesmas Pembantu.

Artikel bertopik geografi atau tempat Indonesia ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

Berita dari Masjid

Artikel pilihan untuk peningkatan pengetahuan dan berbagi dari seluruh masjid di Indonesia.