Shalat Ied di lapangan sepak bola Gosowong pada Ahad, 10 Juli 2022

Hari Raya Idul Adha 1443 H yang jatuh pada tanggal 10 Juli 2022, rutin dirayakan setiap tahunnya oleh karyawan muslim di Gosowong, dengan menunaikan ibadah shalat Ied berjamaah di lapangan sepak bola Gosowong pada hari Ahad, (10/07) pukul 07.00 WIT, lalu dilanjutkan dengan makan bersama di Messhall Gosowong. Disamping itu, PTNHM yang diwakili oleh Manajer Departemen Industrial Relations (IR), Safrudin Adam sebelumnya telah menyerahkan sebanyak 97 ekor sapi Qurban kepada para pengurus masjid di wilayah lingkar tambang PT Nusa Halmahera Minerals (PTNHM), serta beberapa wilayah lain di Kabupaten Halmahera Utara (Halut), bahkan di Kota Ternate.

Perayaan Idul Adha 1443 H dirayakan oleh seluruh karyawan muslim di Gosowong pada hari Ahad (10/07) hingga selesai pada pukul 10.00 WIT. Suka cita seluruh karyawan muslim Gosowong terlihat dari semangat yang terbangun saat menunaikan ibadah shalat Ied berjamaah yang dipimpin oleh Ustad Isran Salamat Bahrudin dan dilanjutkan Khotbah dari Ustad Marwan Syaban, Spdi. MPd, yang mengangkat tema tentang Idul Adha sebagai Momentum Muhasabah Diri yang berisikan cerita pengorbanan Nabiyullah Ibrahim dan keluarganya dalam menaati perintah Allah. Setelah menjalankan ibadah shalat Ied berjamaah, semua karyawan muslim Gosowong saling berjabat tangan sebagai tanda perdamaian dan saling memaafkan satu sama lain, dan menuju ke Messhall untuk menikmati hidangan lebaran yang telah di sediakan oleh tim Departemen Flight & Camp.

Sebelum tiba hari perayaan Idul Adha pada tanggal (10/07), PTNHM yang diwakili oleh Safrudin Adam yang bekerja sama dengan Polres dan Kodim setempat menyerahkan hewan kurban sebanyak 97 ekor sapi, lalu didistribusikan kepada para pengurus masjid di wilayah lingkar tambang PTNHM, wilayah Halut hingga Ternate. Sumbangan hewan kurban dari Presiden Direktur, Bapak H. Robert Nitiyudo Wachjo untuk masjid-masjid di lingkar tambang PTNHM telah dilakukan sejak tahun 2020, sesaat setelah Indotan mengambil alih saham mayoritas PTNHM.

Distribusi kurban bantuan Presdir PTNHM, Bapak H. Robert Nitiyudo Wachjo, pengurus DKM Gosowong dan PT Petrosea Tbk

Selain bantuan kurban dari Presdir PTNHM, hewan Qurban berupa 8 ekor kambing dan 3 ekor sapi juga didistribusikan oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dari Masjid Al Musafirin Gosowong, kepada sejumlah masjid yang ada di lingkar tambang, seperti di Kecamatan Malifut, Kecamatan Kao Teluk dan wilayah yang dekat dengan Gosowong, yang mana hewan Qurban dari DKM juga merupakan bantuan dari karyawan muslim Gosowong. Pihak Petrosea juga turut menyumbangkan 1 ekor sapi kepada DKM Al Musafirin Gosowong. Ibadah Qurban terus dilakukan rutin setiap tahun oleh Bapak H. Robert, dan pihak DKM pun turut melaksanakan ibadah qurban pada hari raya Idul Adha tahun ini.

Perwakilan dari masjid penerima hewan qurban tersebut memanjatkan doa untuk kesejahteraan dan kedamaian seluruh wilayah di lingkar tambang PTNHM, juga doa khusus untuk Bapak H. Robert dalam memimpin PTNHM agar PTNHM menjadi berkah bagi seluruh masyarakat di lingkar tambang maupun di wilayah lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa perbuatan baik yang diberikan dengan tulus akan sampai ke hati para penerima bantuan tersebut.

Shalat Ied di lapangan sepak bola Gosowong pada Ahad, 10 Juli 2022

Gambar Ilustrasi Shalat Ied di lapangan sepak bola Gosowong pada Ahad, 10 Juli 2022

Tentang Penulis
 Haedar Awal  | Masjid Al Musafirin Gosowong

Sejarah Masjid Al Musafirin
Masjid Al Musafirin adalah masjid yang berlokasi di area tambang PT Nusa Halmahera Minerals, di Kabupaten Halmahera Utara, Propinsi Maluku Utara. Masjid ini didirikan pada tahun 1999
 Visi Masjid Al Musafirin
Mewujudkan Masjid sebagai pusat ibadah ritual (mahdhah) dan sosial (ghair mahdhah)
 Misi Masjid Al Musafirin

Meningkatkan kualitas imán dan taqwa jamaah masjid Al Musafirin PT Nusa Halmahera Minerals melalui kajian-kajian Islam.
Meningkatkan kualitas sarana/prasarana pendukung di masjid Al Musafirin
Berkontribusi terhadap perbaikan dan peningkatan program berkelanjutan dibidang sosial, ekonomi dan keagamaan terhadap santri, dai dan ponpes binaan DKM Al Musafirin.
Membangun komunikasi posisitif antar DKM masjid di lingkungan Indotan Group, Organisasi Sosial Kemasyarakatan, Lembaga Swasta di bidang keagamaan maupun Pemerintah.