Rangkaian Kegiatan IdulAdha 1443H
muhammad rofi | Masjid Ashshulaha
2022-07-21 22:07:53

Rangkaian Kegiatan IdulAdha 1443H

Assalamualaikum Wr. Wb. 

Alhamdulillahhirobbilalamin..

Telah terlaksana sudah rangkaian kegiatan di bulan Dzulhijjah tepatnya menyambut Hari Teragung Idul Adha 1443H (HR Abu Daud 1502). 

FOTO RANGKAIAN KEGIATAN IDUL ADHA 1443H

DKM Ashshulaha pada tahun ini dalam menyambut idul adha melaksanakan beberapa kegiatan yang dimulai dari :

  1. kajian Rutin pada yang membahasa Mengenai Bulan Haram dan IdulAdha pada tanggal 5 Juni 2022 dan 3 Juli 2022 berdasarkan Al-Quran dan Hadis (kajian Lengkap ada di web ini) kajian Ahad Pagi Nabi Muhammad SAW Bersabda:
    “Barangsiapa yang menempuh suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.”(HR. Muslim no. 7028)
  2. Kegiatan buka bersama Jamaah Masjid Ashshulaha, saat puasa Arafah 9 Dzulhijjah 1443H (Sabtu, 9 Juli 2022)
    Dari Abu Qatadah Al Anshari radliallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah ditanya tentang puasa pada hari Arafah (9 dzulhijjah), maka beliau menjawab: "Puasa itu akan menghapus dosa-dosa satu tahun yang lalu dan yang akan datang.“ (HR Muslim 1977)
  3. Kegiatan Menggemakan Takbir yang dilakukan oleh para "generasi penerus" jamaah Masjid Ashshulaha yang dibimbing dan dipantau pelaksanaanya guna menghidupkan malam sebelum hari raya Idul Adha
    …..Hendaklah kalian mencukupkan bilangannya dan hendaklah kalian mengagungkan Allah (bertakbir) atas petunjuk-Nya yang diberikan kepada kalian, supaya kalian bersyukur".(QS. Al Baqarah: 185)
  4. Pelaksanaan Sholat Idul Adha tahun 1443H, yang dilakukan di Lapangan Rengas Komplek Pondok Jatimurni, Jalan Tarumanegara, Kota Bekasi. Pelaksanaan sholat ini dihadiri ratusan jamaah di sekitar komplek pondok jatimurni yang telah rindu untuk sholat bersama sama di area terbuka. 
    Pelaksaan sholat kali ini diimami oleh Ust.Abdullah Tehuayo dengan Khotib Ust.Abdulrahman Muchtar. Tema Khotbah tahun ini adalah "Sayangi, Jangan Menyakiti".
    Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, bersabda: "Sesungguhnya hari yang teragung di sisi Allah tabaraka wa ta'ala adalah hari Nahr (Hari Raya Kurban), kemudian hari setelah hari Nahr (HR Abu Daud 1502)
  5. Pelaksanaan Pemotongan dan Pembagian Hewan Kurban. Kali ini Masjid Ashshulaha diamanahkan oleh para jamaah sekitar untuk dapat melaksanakan kegiatan pemotongan hewan qurban dengan jumlah 12 sapi dan 14 kambing. Hewan-hewan tersebut sudah dipastikan sehat, karena terdapat SKKH (Surat Keterangan Kesehetan Hewan). Pemotongan ini berlansung di sekitar pukul 08.30 sampai dengan pukul 12.00 WIB. Namun pada pukul 17.00 WIB,kegiatan pembagian hewan qurban selesai dilaksanakan. Kali ini DKM Ashshulaha mencoba untuk membuat alat perboh sapi, namun tampaknya alat ini perlu ada beberapa peningkatan dan penyesuaian dalam pelaksanaannya. 
    Pada kegiatan ini banyak para Jamaah Masjid Ashshulaha ikut berpartisipasi Mulai dari Bapak-bapak, Ibu-Ibu sampai Remaja Masjid turut turut andil pada kegiatan kali ini. Hal ini dikarenakan kecintaan mereka dan rasa gembira terhadap adanya perayaan hari raya idul adha.

Semoga segala pahala terlimpah untuk semua yang telah membantu kegiatan ini terlaksana dengan baik. Allah akan selalu mencatat segala kebaikan dan keihlasan hati para jamaah pada kegiatan kali ini guna kemakmuran Masjid Ashshulaha. 
Kami Juga mengucapkan terima kasih kepada para pengqurban atas amanah yang telah diberikan kepada kami dalam hal penyerahan hewan qurban. InsyaAllah kami akan memegang teguh amanah kami sampai selesainya tugas yang kami dapatkan. 

Semoga Allah SWT meridhoi (memberikan pahala) atas kegiatan yang telah terlaksana ini, dan kegiatan-kegiatan lain kedepannya. Semoga pula Allah selalu memberikan Rahmat dan Kasih sayang khususnya kepada Jamaah Masjid Ashshulaha serta kiranya bisa mengambil hikmah pada Idul Adha kali ini untuk terus "Saling Menyayangi, tanpa Menyakiti". 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Rangkaian Kegiatan IdulAdha 1443H

Gambar Ilustrasi Rangkaian Kegiatan IdulAdha 1443H

Tentang Penulis
 muhammad rofi  | Masjid Ashshulaha

muhammad rofi | Masjid Ashshulaha

| Email : m.ashshulaha@gmail.com

Nyamannya Masjid Ashushulaha 
Masjid yang berdiri tahun 1986 ini, merupakan masjid yang sampai saat ini selalu siap untuk melayani Ummat, khususnya para jamaah yang berada di lingkungan Pondok Jatimurni. Masjid Ashulaha sudah terdaftar di Sistem Infromasi Masjid oleh Kementrian Agama dengan No Id Masjid : 01.4.13.22.12.000034
Nama "ASHSHULAHA" merupakan bentuk plural dari kata Sholeh. Yang berarti Orang Orang Sholeh. Jika masjid berarti adalah rumah ibadah. Maka Masjid Ashshulaha adalah tempatnya orang orang soleh untuk dapat beribadah. Semoga menjadi doa juga agar lingkungan masjid Ashshulaha, menjadi tempat menjadikan kita menjadi hamba yang sholeh. 
Bila dilihat sekilas, Masjid Ashshulaha terlihat besar dan gagah. Ditambah lagi terdapat pagar dan pintu masuk dari berbagai arah yang memudahkan jamaah memasuki masjid tersebut. Hampir seluruh bangunan masjid ini berwarna putih terang, yang membuat kesan suci dan bersih. Selain itu, ornamen masjid yang berwarna hijau muda tampak membuat mata menjadi segar karena enak dipandang. Pintu masuk masjid yang berada di dalam kompleks ini terbuat pintu kaca yang digeser. Sebab ruang salat diberi fasilitas pendingin ruangan sehingga jamaah tidak perlu takut kegerahan ketika menunaikan salat.  Di bagian samping masjid, terdapat tempat khusus untuk menggelar majelis atau pengajian umum kadang kala pula sebagai tempat dalam memperingati Hari Besar Islam (PHBI). Masjid Ashshulaha  cukup luas, kira-kira bisa menampung hingga ratusan jamaah. 
 
Email : m.ashshulaha@gmail.com