Masjid Ramah Musafir, Jemaah Disuguhi Minuman dan Snack Gratis
Ahmad subagja | Masjid At Taqwa
2024-07-14 08:32:57

Masjid Ramah Musafir, Jemaah Disuguhi Minuman dan Snack Gratis

Masjid bukan hanya sekedar tempat salat, itulah yang menjadi tagline dari Masjid Sejuta Pemuda yang berlokasi di Kota Sukabumi, Jawa Barat. Di sini setiap jemaah yang datang akan disuguhi makanan dan minuman enak layaknya di kafe.

Masjid yang berlokasi di Jl. Lamping, Gedongpanjang, Citamiang, Kota Sukabumi ini aslinya bernama Masjid At-Tin, namun untuk pengelolaannya berada di bawah manajemen Masjid Sejuta Pemuda.

Dhias Akeyla selaku CEO Masjid Sejuta Pemuda Sukabumi menjelaskan kepada detikHikmah bahwa masjid ini baru berusia 4 bulan. Meskipun terbilang baru, masjid ini cukup terkenal.

Masjid Ramah Musafir, Jemaah Disuguhi Minuman dan Snack Gratis

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sekilas masjid ini tampak biasa, apalagi bangunannya terbilang tidak terlalu luas. Kapasitas masjid ini mampu menampung 90-100 jemaah.

Masjid ini dikenal sebagai masjid ramah musafir. Setiap jemaah yang datang untuk beristirahat atau melepas lelah maka akan disediakan bantal dan kasur empuk.

"Kebanyakan jemaah yang datang ke sini itu musafir, misalnya driver ojol, kurir paket atau orang yang lagi bepergian. Kalau di sini mau istirahat dipersilakan," ujar Dhias saat ditemui detikHikmah beberapa waktu lalu.

Dhias bahkan mengatakan masjid ini buka 24 jam, jadi sangat memungkinkan jika ada musafir yang ingin menginap.

Salah satu bagian sudut masjid dimanfaatkan sebagai area dapur kecil. Di sini ada marbot masjid yang bertugas membuatkan minuman dan menyajikan snack bagi pengunjung masjid.

Uniknya, sajian minuman teh dan kopi di masjid ini tak kalah dengan yang disajikan di kafe terkenal.

"Marbot di sini harus bisa semuanya, termasuk bisa meracik minuman buat para tamu masjid," jelas Dhias.

Suguhan minuman yang disajikan bukanlah minuman kemasan, melainkan racikan kopi dari biji berkualitas. Jemaah bisa memilih sendiri minuman sesuai selera.

Pilihannya cukup beragam mulai dari teh, kopi, hingga olahan cokelat. Jemaah bahkan boleh memesan minuman dalam versi dingin ataupun hangat.

"Sejak awal masjid ini diresmikan, kita nggak pernah beli (bahan minuman). Ada banyak coffee shop yang kirimkan, mereka bilang, 'saya nggak bisa bantu dengan uang, jadi saya kirimkan kopi.' Jadi semua ini hasil infak dari jemaah juga," lanjut Dhias.

Tak hanya minuman, jemaah juga disuguhi dengan camilan renyah. Semua bisa dinikmati dengan cuma-cuma alias gratis tanpa membayar sepeserpun.

Jemaah bisa menikmati suguhan ini sambil duduk santai di area terbuka masjid. Menariknya lagi, masjid ini memiliki pemandangan alam yang cantik. Hamparan sawah dan pegunungan membuat suasana makin syahdu.

Layaknya masjid pada umumnya, Masjid Sejuta Pemuda ini juga memiliki kegiatan rutin yang digelar setiap hari.

Salat berjamaah dan tadarus usai salat wajib menjadi kegiatan rutin di masjid ini.

Setiap sore juga ada kegiatan mengaji yang diperuntukkan bagi anak-anak. "Ada pembimbingnya, jadi setiap sore anak-anak belajar ngaji di sini," kata Dhias.

Pada momen tertentu, Masjid Sejuta Pemuda juga menggelar kegiatan bertajuk 'Marbot Camp'. Kegiatan ini ditujukan sebagai program pembelajaran untuk mencetak marbot-marbot masjid yang cakap dalam mengelola masjid serta mampu memakmurkan masjid.

Tertarik untuk singgah dan berkunjung ke Masjid Sejuta Pemuda? Lokasinya ada di Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Tentang Penulis
 Ahmad subagja  | Masjid At Taqwa

Ahmad subagja | Masjid At Taqwa

| Citra Raya, Tangerang

At Taqwa dibangun pada tahun -. At Taqwa merupakan kategori Masjid Raya. At Taqwa beralamat di Citra Raya, Tangerang . At Taqwa memiliki luas tanah , luas bangunan dengan status tanah . At Taqwa memiliki jumlah jamaah orang jumlah muazin orang jumlah remaja orang dan Jumlah Khotib orang .

Tenda & Kanopi Membrane Untuk Masjid. Delivery & Pemasangan sampai di Kota Antum

Wujudkan Kenyamanan Masjid Anda, dengan Kanopi Membrane, Awet sampai 15 tahun!

kanopi-untuk-masjid ciptakonstruksi

Rekomendasi Artikel untuk Anda