Masjid Istiqlal Mulai Dipadati Jamaah Jelang Salat Idul Adha Pagi Ini
Ahmad subagja | Masjid At Taqwa
2024-07-14 08:32:57

Masjid Istiqlal Mulai Dipadati Jamaah Jelang Salat Idul Adha Pagi Ini

Jamaah salat Idul Adha di Masjid Istiqlal mulai berdatangan. Antrean panjang masuk ke Masjid Istiqlal pun terlihat.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (17/6/2024), antrean panjang di pintu masuk Masjid Istiqlal mulai terjadi sejak pukul 05.45 WIB. Antrean ini terjadi tepat di pintu pemeriksaan sebelum masuk ke dalam pintu utama Masjid.

Tampak jamaah yang mengantre beragam, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Baik pria maupun wanita. Namun, antrean antara pria dengan wanita tetap diberikan batas atau jarak.

Masjid Istiqlal Mulai Dipadati Jamaah Jelang Salat Idul Adha Pagi Ini

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Terliha jamaah laki-laki yang datang didominasi dengan menggenakan pakain muslim. Sementara jamaah wanita tampak mengenakan gamis.

Seperti diketahui, Masjid Istiqlal akan menggelar salat Idul Adha pada Senin (17/6). Wapres Ma'ruf Amin dilaporkan akan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal.

"Kita harapkan semuanya hadir tapi akan tunggu besok semuanya mudah-mudahan semuanya datang atau paling tidak wapresnya. Yang konfirmasi itu yang pasti adalah Pak Wapres (Ma'ruf Amin) bersama keluarga dan sejumlah menteri, duta besar ada," kata Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar kepada wartawan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Minggu (16/6/2024).

Nasaruddin melanjutkan tamu pejabat atau tokoh-tokoh penting bakal dibagi dalam dua kategori: VIP dan VVIP. Mereka akan melalui dua pintu masuk berbeda untuk salat di Masjid Istiqlal.

"VVIP-nya itu melalui Pertamina itu termasuk presiden, wapres. Kemudian untuk menteri masuk di (pintu) Darussalam di sebelah kanan Juanda," ungkapnya.

Sementara itu, untuk calon jemaah lainnya akan ditujukan ke kantong parkir lain melalui Pertamina. Semua pintu masuk ke arah masjid akan dibuka untuk mengurai kepadatan.

"Insyaallah akan dibuka termasuk yang jarang dibuka itu nanti akan dibuka di sudut Kementerian Agama di pintu Al Jabbar," jelas Nasaruddin.

Imam salat Idul Adha di Masjid Istiqlal akan dipimpin oleh Imam Besar Martomo Malaing, sedangkan khatibnya Amin Suyitno, yang merupakan Kepala Litbang Kemenag.

Juru Bicara (Jubir) Wapres Masduki Baidlowi mengkonfirmasi Ma'ruf akan Salat Idul Adha di Istiqlal. Ma'ruf akan ditemani istirnya, Wury Ma'ruf Amin

"Iduladha 1445 Hijriah nanti, insya Allah, Wapres Prof. K.H. Ma'ruf Amin dan Ibu Wury akan salat Ied di Masjid Istiqlal," kata Masduki.

Usai salat, dia mengatakan Ma'ruf juga akan menyerahkan sapi kurban kepada Imam Besar Masjid Istiqlal. Sapi itu akan diserahkan secara simbolik.

"Terkait kurban, secara simbolik Wapres akan menyerahkan sapi jantan yang tidak jauh berbeda dengan sapi kurban milik Presiden Joko Widodo, kepada Imam Besar Masjid Istiqlal setelah salat Id," ujarnya.

Adapun Ma'ruf berkurban sapi jenis limosin dengan berat sekitar 1.164 kg di Masjid Istiqlal. Sedangkan di lokasi lain, Ma'ruf juga berkurban sapi berjenis Limosin dan Simental dengan kisaran berat 750 hingga 900 kg.

"Selain itu, ada sejumlah ekor sapi yang di salurkan ke masyarakat melalui masjid dan pesantren di daerah," ucapnya.

Simak juga Video: Momen Anies Salat Idul Adha Bareng Keluarga di Masjid Babul Khoirot Jaksel

[Gambas:Video 20detik]

Tentang Penulis
 Ahmad subagja  | Masjid At Taqwa

Ahmad subagja | Masjid At Taqwa

| Citra Raya, Tangerang

At Taqwa dibangun pada tahun -. At Taqwa merupakan kategori Masjid Raya. At Taqwa beralamat di Citra Raya, Tangerang . At Taqwa memiliki luas tanah , luas bangunan dengan status tanah . At Taqwa memiliki jumlah jamaah orang jumlah muazin orang jumlah remaja orang dan Jumlah Khotib orang .

Tenda & Kanopi Membrane Untuk Masjid. Delivery & Pemasangan sampai di Kota Antum

Wujudkan Kenyamanan Masjid Anda, dengan Kanopi Membrane, Awet sampai 15 tahun!

kanopi-untuk-masjid ciptakonstruksi

Rekomendasi Artikel untuk Anda