KEUTAMAAN DZIKRULLOH (KULTUM ROMADHON HARI KE 16)
Ahmad subagja | ALWUSTHO
2021-10-04 13:52:59

KEUTAMAAN DZIKRULLOH (KULTUM ROMADHON HARI KE 16)

KEUTAMAAN DZIKRULLOH

 

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

اَلْحَمْدُ لِلّهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارِ، الْعَزِيْزِ الْغَفَّارِ. مُكَوِّرِ اللَّــيْلِ عَلـَى الــنَّــهَارِ. تَذْكِرَةً ِلاُولـِى الْقُلُوْبِ  وَاْلاَبـْصَارِ. وَتَبـْصِرَةً ِلاُولــِى اْلاَلْبَابِ وَاْلاِعْتِبَارِ. اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ  الْبَرُّ الْكَرِيْمُ الرَّءُوْفُ  الرَّحِيْمُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ الْهَادِىْ اِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ. فَصَلَوَاتُ اللهِ وَسَلاَمُهُ عَلَـيْهِ وَعَلَى سَائِرِ اْلاَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِـيْنَ. وَآلِ كُلٍّ وَصَحْبِ كُلٍّ وَسَائِرِ الصَّالِحِيْنَ. اُوْصِيْكُمْ عِبَادَ اللهِ!  وَاِيــَّايَ بِتَقْوَى اللهِ  فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْــتُمْ مُسْلِمُوْنَ. اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. يَا اَيــُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اذْكُرُوا اللهَ ذِكْرًا كَثِيرًا. وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَاَصِيلاً. {الـاحزاب:41-42}

 

Ma'asyiral muslimin wazumratal mukminin rahimakumulloh

            Semoga Allah SWT yang Maha mengatur semua urusan makhluk-Nya menjadikan kita semua sebagai hamba-hamba-Nya yang senantiasa mendawamkan dzikir kepada-Nya. Solawat dan salam semoga tercurah ke haribaan baginda Rasulullah SAW, kepada keluarga, sahabat, dan seluruh pengikutnya yang berpegang teguh kepada kedua pusakanya, yakni Kitabullah – al-Quranulkarim dan Sunnah Rasulullah SAW.

 

Ma'asyiral muslimin wazumratal mukminin rahimakumulloh

            Pada ayat tersebut di atas, Allah SWT berfirman: "Hai orang-orang yang  beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dengan zikir yang sebanyak-banyaknya.Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang".

            Dzikir secara harfiyah artinya ingat atau mengingat. Maka dzikrullah  artinya  ingat kepada Allah. Sedangkan dalam pengertian syari'at, dzikrullah adalah satu bentuk ibadah yang merupakan pokok dari berbagai ibadah  yang lainnya. Sebab pada hakikatnya semua jenis ibadah itu – seperti shalat, zakat, puasa, haji, tilawah al-Quran, amar ma'ruf nahy munkar – adalah sarana  untuk mengingat Allah SWT sebagai Tuhan penguasa seluruh alam semesta. Dan berdasarkan sifat-sifatnya, Dzikrullah itu diklasifikasikan menjadi tiga macam. Pertama dzikrullah dengan hati, yakni hati yang senantiasa ingat kepada Allah dalam segala situasi dan kondisi. Kedua dzikrullah dengan lisan, yakni lisan yang selalu bergerak-gerak melafalkan pujian kepada Allah yang Maha Suci. Dan ketiga dzikrullah dengan amal perbuatan, sebagai bukti konkret atas keterpautan antara lisan dan hati.

Allah SWT berfirman:

 

ûÓÍ_¯RÎ) $tRr& ª!$# Iw tm»s9Î) HwÎ) O$tRr& Â’ÎTô‰ç6ôã$$sù ÉOÏ%r&ur no4qn=¢Á9$# ü“̍ò2Ï%Î! ÇÊÍÈ    

Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, Maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku. (QS. Thaha 20:14)

 

            Dengan dasar itulah, Rasulullah SAW pernah berwasiat kepada seseorang yang mengeluh kepada beliau, ”Wahai Rasulullah, syari'at Islam ini telah banyak memberratkan kami, maka tunjukkanlah satu pintu yang dengan satu pintu tersebut kami bisa mendapatkan semuanya". Rasulullah SAW menjawab, "Yaitu apabila lisanmu selalu basah dengan berdzikir kepada Allah".  (HR. Ahmad)

            Para sahabat Rasulullah benar-benar menyadari wasiat tersebut dan memahami maknanya yang tinggi ini, sehingga ketika Abu Darda ditanya, bahwa ada seseorang telah memerdekakan seratus orang budak, maka beliau menjawab, "Sesungguhnya pembebasan seratus orang budak itu hanya bisa dilakukan dengan harta seseorang yang banyak. Yang lebih baik dari pada itu adalah iman yang dipertahankan pada waktu siang dan malam, dan lisan salah seorang di antara kalian yang tetap basah karena berdzikir kepada Allah 'Azza wa Jalla".

            Abu Darda juga berkata, "Orang-orang yang bibirnya selalu basah karena dzikir kepada Allah, maka Dia akan memasukkan salah seorang di antara mereka ke dalam surga dalam keadaan ceria".

            Demikian halnya dengan Ibnul-Qayyim al-Jauziyah rahimahullah menjelaskan: "Kontinuitas dzikir dalam segala hal baik dengan hati, lisan, dan amal perbuatan adalah sumber segala sebab kecintaan kepada Allah 'Azza wa-Jalla. Lisan adalah alat bagi orang yang berdzikir, sedangkan hati adalah pusatnya, sementara amal-amal perbuatan adalah symbol-simbol yang menunjukkan adanya keserasian antara hati sang pendzikir dengan lisannya. Dzikir kepada Allah adalah ibadat hati dan lisan, sekaligus merupakan tempat penghambaan seluruh anggota badan".

Kemudian Allah memerintahkan:

 

þÂ’ÎTrãä.øÂŒ$$sù öNä.öä.øÂŒr& (#rãà6ô©$#ur Â’Í< Ÿwur Èbrãàÿõ3s? ÇÊÎËÈ  

 

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku dengan lisan, hati, fikiran, dan anggota badan. Lidah mensucikan dan memuji-Ku, fikiran dan hati melalui perhatian terhadap tanda-tanda kebesaran-Ku, dan anggota badan dengan menjalankan segala perintah-perintah-Ku. Jika itu kamu lakukan, niscaya Aku ingat (pula) kepada kamu, sehingga Aku akan selalu bersama kamu saat suka dan dukamu, dan bersyukurlah kepada-Ku dengan hati, lisan, dan perbuatanmu pula, niscaya Kutambah nikmat-nikmat-Ku untukmu, dan janganlah kamu mengingkari nikma-Ku agar siksa-Ku yang pedih itu tidak menimpamu. (QS. Al-Baqarah 2:152)

 

Ma'asyiral muslimin wazumratal mukminin rahimakumulloh

            Bagi hamba-hamba-Nya yang senantiasa berdzikir, Allah SWT menyediakan berbagai anugerah sebagaimana disebutkan di dalam al-Quran, di antaranya:

Pertama, Allah menyediakan ampunan atas segala dosa dan kesalahannya serta melimpahkan pahala yang besar atas segala kesalehannya, sebagaimana firman-Nya:

 

šúï̍Å2º©%!$#ur ©!$# #ZŽÏVx. ÏNºtÅ2º©%!$#ur £Â‰tãr& ª!$# Mçlm; ZotÏÿøó¨B #·Âô_r&ur $VJ‹Ïàtã ÇÌÎÈ  

 

"Dan laki-laki serta perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besa". (QS. Al-Ahzab 33:35)

 

Kedua, orang-orang yang berdzikir senantiasa akan diberi ketenangan hati dalam menghadapi setiap persoalan hidupnya. Allah SWT berfirman:

 

tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä Â’ûÈõuKôÜs?ur Oßgç/qè=è% ̍ø.É‹Î/ «!$# 3 Ÿwr& ̍ò2É‹Î/ «!$# Â’ûÈõyJôÜs? Ü>qè=à)ø9$# ÇËÑÈ  

 

Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS. Al-Ra'du 13:28)

 

Ketiga, orang-orang yang senantiasa berdzikir dikategorikan sebagai ulul albab, yakni orang-orang yang memiliki akal yang murni dan memfungsikan akalnya itu sebagaimana mestinya sehingga mendapat pujian dari Allah SWT.

 

žcÎ) Â’Îû È,ù=yz ÏNºuq»yJ¡¡9$# ÇÚö‘F{$#ur É#»n=ÏF÷z$#ur È@øŠ©9$# Í‘$pk¨]9$#ur ;M»tƒUy Â’Í<'rT[{ É=»t6ø9F{$# ÇÊÒÉÈ  

 

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (QS. Ali Imran 3:190)

 

tûïÏ%©!$# tbrãä.õ‹tƒ ©!$# $VJ»uŠÏ% #YŠqãèè%ur 4Â’n?tãur öNÎgÎ/qãZã_ tbr㍤6xÿtGtƒur Â’Îû È,ù=yz ÏNºuq»uK¡¡9$# ÇÚö‘F{$#ur $uZ­/u‘ $tB |Mø)n=yz #x‹»yd WxÏÜ»t/ y7oY»ysö6ß™ $oYÉ)sù z>#x‹tã Í‘$¨Z9$# ÇÊÒÊÈ  

Yaitu orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka". (QS Ali Imran 3:191)

 

Keempat, dzikir kepada Allah merupakan perisai dari godaan syetan yang selalu mencari kesempatan untuk menggelincirkan manusia dari kebenaran. Allah SWT berfirman:

 

žcÎ) šúïÏ%©!$# (#öqs)¨?$# #sÂŒÎ) öNåk¡¦tB ×#Í´¯»sÛ z`ÏiB Ç`»sÜø‹¤±9$# (#r㍞2x‹s? #sÂŒÎ*sù Nèd tbrçÂŽÅÇö7•B ÇËÉÊÈ  

 

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari syaitan, mereka ingat kepada Allah, Maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya. (QS. Al-A'raf  7:201)

 

Kelima, orang-orang yang senantiasa membasahi bibirnya dengan dzikir, memantapkan hatinya dengan dzikir, serta mengiringi setiap aktivitasnya dengan dzikir akan mendapatkan kebahagiaan dari Allah SWT, sebagaimana firman-Nya:

 

#sÂŒÎ*sù ÏMuŠÅÒè% äo4qn=¢Á9$# (#rãϱtFR$$sù Â’Îû ÇÚö‘F{$# (#qäótGö/$#ur `ÏB È@ôÒsù «!$# (#rãä.øÂŒ$#ur ©!$# #ZŽÏWx. ö/ä3¯=yè©9 tbqßsÎ=øÿè? ÇÊÉÈ  

 

Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. (QS. Al-Jumu'ah 62:10)

 

Ma'asyiral muslimin wazumratal mukminin rahimakumulloh

            Di akhir pembahasan tentang dzikir ini, saya akan mengetengahkan sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim di dalam kitab shahihnya, bawa Rasulullah SAW bersabda:

            Sesungguhnya Allah Tabaraka wa-Ta'ala mempunyai banyak malaikat yang berjalan berkeliling, mengikuti majlis-majlis dzikir. Bila mereka menemukan majlis yang di dalamnya terdapat aktivitas dzikrullah, mereka duduk bersamanya, dan antara sebagian mereka dengan sebagian yang lain saling mengepakkan sayap-sayapnya, sehingga mereka memenuhi apa yang ada di antara mereka dan antara langit dunia. Bila mereka berpisah, mereka naik ke langit. Kemudian mereka ditanya oleh Allah – padahal Dia Maha Tahu tentang kegiatan mereka – "Dari mana saja kalian?' mereka menjawab: "Kami tiba dari hamba-hamba-Mu penduduk bumi, mereka bertasbih, bertakbir, bertahlil, bertahmid, dan berdo'a kepada-Mu". Allah bertanya: "Apa yang mereka minta kepada-Ku". Mereka menjawab: "Mereka meminta surga-Mu". Allah bertanya: "Apakah mereka telah melihat surga-Ku?". Mereka menjawab: "Tidak, sama sekali tidak". Allah bertanya: "Bagaimana seandainya mereka melihat surga-Ku?'. Mereka menjawab: "Mereka tentu akan meminta perlindungan kepada-Mu". Allah bertanya: "Mereka meminta perlindungan kepada-Ku dari apa?". Mereka menjawab: "Mereka meminta perlindungan dari neraka-Mu ya Tuhanku". Allah bertanya: "Apakah mereka pernah melihat neraka-Ku?". Mereka menjawab: "Tidak, sama sekali tidak". Allah bertanya: "Lalu bagaimana kalau mereka bisa melihat neraka-Ku?". Mereka menjawab: "Mereka tentu akan memohon ampunan kepada-Mu". Allah berfirman:

 

قَدْ غَفَرْتُ لَهُمْ، فَاَعْطَيْتُهُمْ مَا سَأَلــُوْا، وَاَجَرْتُهُمْ مِمَّا اسْتَجَارُوْا

 

"Aku benar-benar menganmpuni dosa mereka, kemudian Aku berikan kepada mereka apa saja yang mereka minta, dan Aku akan memberi pahala kepada mereka sebagaimana yang layak bagi mereka".

 

Para malaikat itu kemudian berkata: "Ya Tuhanku, di dalam majlis mereka ada seseorang yang banyak melakukan kesalahan, yang secara kebetulan lewat lalu ikut dalam majlis mereka". Allah berfirman:

 

وَلَهُ غَفَرْتُ، هُمُ الْقَوْمُ لاَ يَشْقَى بِهِمْ جَلِيسَهُمْ                    

 

"Dia berhak Aku ampuni, mereka adalah kaum yang tidak akan sengsara – seorang diri – di antara teman-teman satu majlis dengan mereka".

 

Ma'asyiral muslimin wazumratal mukminin rahimakumulloh

Masih banyak lagi keutamaan dzikrullah yang tercantum di dalam al-Quran maupun al-Hadits, mudah-mudahan dengan lima point ini saja – sebagaimana dikemukakan di atas, menjadi pemicu dan pemacu semangat kepada kita untuk selalu mendekatkan diri kita kepada Allah dengan memperbanyak serta mendawamkan dzikrullah.

 

بارك الله لـى ولكم

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tentang Penulis
 Ahmad subagja  | ALWUSTHO

Ahmad subagja | ALWUSTHO

| Jl.Raya Balaraja Kresek Km.06 Pasar Ceplak Kp.Tegal Anyar

MASJID ALWUSTHO SUKAMULYA
SEZARAH BERDIRINYA MASJID ALWUSTHO KP.TEGAL ANYAR SUKAMULYA KAB.TANGERANG

SEZARAH BERDIRINYA MASJID ALWUSTHO KP.TEGAL ANYAR SUKAMULYA KAB.TANGERANG
Semenjak pertama kali menjadi warga Kp.Tegal Anyar Rt.05 Rw.01 Ds.Sukamulya Kec.Sukamulya Kab.Tangerang tepatnya pada bulan Oktober tahun 2003, ketika mau Sholat Jum'at harus jalan dari rumah ke Masjid kurang lebih 1 kilometer, jarak tempuh kalau dengan jalan kaki cukup jauh. Mulai dari sini ada keinginan untuk mendirikan Masjid di kampung tersebut tentunnya dengan warga sekitar.
Sebelas tahun kemudian tepatnya pada tahun 2014 sempat mengadakan obrolan kecil dengan tokoh dan Rt. setempat untuk musyawarah warga jajak pendapat untuk pendirian Masjid dengan mengajak 2 Rt. yang berdekatan, untuk menidak lanjuti rencana kami (Penggiat Pendirian Maasjid) untuk Mendirikan Masjid akhirnya buat surat undangan musyawarah tokoh masyarakat Rt.5,6 & 7 Rw.01 yang terdiri dari tiga kampung, tiga Rt dan tiga Musholla (Tegal Anyar, Tegal Murni dan Pondok Gede) tapi sayang ada salah satu tokoh agama yang menentang dan salah satu Rt. tidak berani untuk melanjutkan undangan tokoh masyarakat, terpaksa rencana gagal.
 Semangat kami masih ada untuk pendirian Masjid apalagi ada salah satu Musholla direnovasi total sampai naik jadi 2 lantai, harapan kami bisa dijadikan Masjid. Namun nyatanya dari pengurus musholla menyatakan tidak akan pernah dijadikan Masjid, pedahal jarak  Musholla ke Masjid cukup jauh.
Selang lima tahun kemudian pada tanggal 01 Juni tahun 2019 ketemu tetangga H.Zuhdi seorang saudagar/pedagang menyampaikan keinginan yang sama untuk mendirikan Masjid setelah ada yang mau jual tanah disamping rumahnya. Seperti gayung bersambut tanah yang ditawarkan langsung dibayar dan diwakafkan untuk pembangunan Masjid. 
Untuk mengawali pembangunan kami mengundang tokoh masyarakat sekitarnya tiga Rt. ; Kp.Tegal anyar Rt.05/01, Kp.Pondok Gede Rt.06/01 dan Kp.Tegal Murni Rt.07/01 Ds.Sukamulya Kec.Sukamulya Kab.Tangerang. Undangan Musyawarah atas nama PENGGIAT PENDIRIAN MASJID, Musyawarah dilaksanakan di Majlis H.Zuhdi Kp.Tegal Anyar Rt.05/01, pada hari Kamis malam Jum'at tgl.20 Juni 2019, menghasilkan keputusa sebagai berikut;
A. Terbentuknya Panitia Pembangunan Masjid
B. Untuk megawali pekerjaan pembangunan, peletakan batu pertama, penentuan arah qiblat dan pemberian nama Masjid nunggu keputusan seorang Kiyai/Abuya yang ditokohkan dan dijadikan rujukan dalam beragama dan bermasyarakat yaitu KH. UCI TURTUSI Cilingok, mengingat ada salah satu tokoh agama termasuk muridnya beliau yang menentang pendirian masjid tersebut.
Abuya KH.Uci Turtusi kami hubungi dan beliau tidak langsung memberikan keputusan, beliau pelajari dulu rencana yang kami sampaikan terkait pendirian Masjid, ternyata beliau sangat teliti dan hati-hati untuk memberikan keputusan kurang lebih memakan waktu satu bulan, tepatnya pada tanggal 03 Juli 2019 beliau langsung datang ke lokasi lahan yang akan dibangun masjid letaknya di Jl.Raya Balaraja Kresek Km.6  Pasar Ceplak Kp.Tegal Anyar Rt.05 Rw.01 Ds.Sukamulya Kec.Sukamulya Kab.Tangerang, didampingi jamaah beliau dan juga dihadiri oleh warga, tokoh dan pejabat setempat berikut Kepala Desa, karena dua hari sebelumnya beliau menginformasikan kepada kami melaui santrinya untuk menyiapkan acara Peletakan batu pertama, pengukuran qiblat sekaligus pemberian nama Masjid, sehingga kami sempat menyampaikan kepada warga dan pejabat setempat semuannya antusias menghadiri dan menyambut Abuya Uci Turtusi.
Acara diawali dengan Tausiyah mauidhotul hasanah, mengutip beberapa pembicaraan beliau sebagai berikut ;
 - Selama pembangunan Masjid tidak boleh minta sodaqoh dipinggir jalan karena disamping mengganggu ketertiban umum juga satu hal yang dianggap merendahkan umat Islam dihadapan orang-orang non Muslim,
- Selama pembangunan Masjid tidak boleh buat proposal ke pemerintah dan lembaga, tapi kalau ada pejabat yang datang memberikan sodaqoh atas nama pribadi tidak boleh ditolak jangankan banyak walaupun ngasi sodaqoh Rp.1,000,- (seribu rupiah) harus diterima dan tanpa LPJ. 
- Pemberian nama Masjid " ALWUSTHO" artinya  mejeuhna (tengah-tengah), khoirul umur awusathuha (sebaik-baiknya urusan tengah-tengah), tengah-tengah baina Balaraja Wakresek (antara lokasi Balaraja dan Kresek), awewe oge anu diteangan nungenah tengah-tengahna kelakar beliau. 
Dilanjutkan dengan pengukuran arah qiblat oleh beliau dan sekaligus peletakan batu pertama pembangunan didampingi oleh tukang Masjid yang disaksikan oleh jamaah, warga, dan pejabat setempat kurang lebih ada seribu Jamaah.
Mulai pada hari tersebut Rabu, 03 Juli 2019 M  pembangunan MASJID ALWUSTHO dilangsungkan oleh tukang Masjid dibantu Warga sekitarnya, hingga artikel ini ditulis pembangunan masjid masih berlangsung baru 70 persen pekerjaan. Artikel ini ditulis pada hari Jum'at, 01 Oktober 2021 (tahun ketiga pembangunan).
Mohon do'a dan bantuanya khususnya untuk pembaca, umumnya untuk kaum muslimin walmuslimat, mukminin walmukminat. Semoga diberikan kelancaran dan kemudahan kepada kami untuk menyelesaikan pembangunan masjid ALWUSTHO dan mampu memakmurkannya. Semoga semua kegiatan yang kita kerjakan dan rencanakan ada dalan ridho dan lindungan Allah SWT. Amiiin Yaa Robbal 'Alamiin.

Tenda & Kanopi Membrane Untuk Masjid. Delivery & Pemasangan sampai di Kota Antum

Wujudkan Kenyamanan Masjid Anda, dengan Kanopi Membrane, Awet sampai 15 tahun!

kanopi-untuk-masjid ciptakonstruksi

Rekomendasi Artikel untuk Anda