KARAKTERISTIK ORANG-ORANG BERIMAN (KULTUM ROMADHON HARI KE 10)
Ahmad subagja | ALWUSTHO
2021-10-03 21:06:42

KARAKTERISTIK ORANG-ORANG BERIMAN (KULTUM ROMADHON HARI KE 10)

KARAKTERISTIK ORANG-ORANG BERIMAN

 

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

اَلْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِىْ اَنْزَلَ السَّكِينَةَ فِىْ قُلُوبِ الْمُؤْمِنِيْنَ. اَشْهَدُ اَنْ لاَّ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَه لاَ شَرِيكَ لَهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ الْمُبِيْنُ. شَهَادَةً تُنْجِىْ قَائِلَهَا مِنْ اَهْوَالِ يَوْمِ الدِّينِ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ  الْمَبْعُوثُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ. اَللّهُمَّ صَلِّ  وَسَلِّمْ وَبـَارِكْ عَلَـيْهِ وَعَلَى آلِه وَصَحْبِه اَجْمَعِيْنَ. وَعَلَى جَمِيْعِ اِخْوَانِهِ مِنَ اْلاَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِـيْنَ وَالصِّدِّقِـيـنَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ. عِبَادَ اللهِ! مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ وَزُمْرَةَ الْمُؤْمِنِيْنَ  رَحِمَكُمُ اللهُ. اِتَّقُوا اللهَ  وَاَحْسِنُوْا، فَاِنَّ اللهَ لاَ يُضِيْعُ اَجْرَ الْمُحْسِنِيْنَ. اَمَّا بــَعْدُ:

 

Hadirin yang dirahmati Allah

            Segala puji hanya milik Allah, Tuhan seru sekalian alam, yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Salawat dan salam sejaherta semoga senantiasa tercurah ke haribaan baginda Rasulullah Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabat dan seluruh umatnya, termasuk kita sekalian yang senantiasa mengikuti jejak langkahnya dan mentaati ajarannya.

 

Hadirin yang dirahmati Allah

            Sebagai hamba Allah kita mempunyai kewajiban untuk taat dan patuh atas perintah-Nya. Sebab bagi orang-orang yang beriman, menunaikan kewajiban itu tidak dimaknai sebagai beban, sehingga ia berat melaksanakannya, melainkan sebagai suatu kenikmatan untuk memaksimalkan kesempatan yang telah diberikan oleh Allah kepadanya. Maka ketika perintah itu datang, seorang hamba yang beriman dengan sigap akan menyambutnya dengan: sami’na waatha’na, kami dengar dan kami taat dalam melaksanakannya. Sebagaimana Allah telah mewajibkan shalat, puasa, zakat, haji, dan perintah lainnya, semuanya dilaksanakan dengan segenap ketulusan dan keikhlasan. Dimana konsep keikhlasannya itu tercermin dalam ungkapannya ketika shalat: inna shalati wa-nusuki wa-mahyaya wa-mamati lillahi Rabbil-'alamin – "sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku adalah untuk Allah Tuhan semesta alam, yang tiada sekutu bagi-Nya, karena demikian itulah aku diperintah, dan aku termasuk orang-orang yang berserah diri kepada-Nya".

            Demikianlah, Allah SWT menggambarkan karakteristik orang-orang yang beriman yang di antaranya termaktub dalam al-Qurn Surah al-Anfal ayat 2 dan 3.

Allah SWT berfirman:

 

$yJ¯RÎ) šcqãZÏB÷sßJø9$# tûïÏ%©!$# #sŒÎ) tÏ.èŒ ª!$# ôMn=Å_ur öNåkæ5qè=è% #sŒÎ)ur ôMu‹Î=è? öNÍköŽn=tã ¼çmçG»tƒ#uä öNåkøEyŠ#y— $YZ»yJƒÎ) 4’n?tãur óOÎgÎn/u‘ tbqè=©.uqtGtƒ ÇËÈ   šúïÏ%©!$# šcqßJ‹É)ムno4qn=¢Á9$# $£JÏBur öNßg»uZø%y—u‘ tbqà)ÏÿZムÇÌÈ

 

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal. (Yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka. (QS. al-Anfal: 2-3)

 

Hadirin yang dirahmati Allah

            Dari ayat di atas, disebutkan bahwa ada lima karakteristik orang-orang yang beriman dengan sempurna, yaitu:

Pertama, apabila disebut nama Allah maka bergetarlah hatinya karena merasakan keagungan Asma, Sifat-sifat, dan Af’al-Nya  yang Maha Sempurna yang menguasai seluruh alam semesta ini dengan segala kehebatan-Nya, mengatur dan menggerakkan semua unsur yang ternyata saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Seperti halnya bumi dan planet-planet lainnya yang berputar secara harmonis mengelilingi pusat tata-surya yang disebut matahari. Maka pantas saja, Allah SWT menyebutkan sikap orang-orang yang beriman seperti ini dengan gelar ulul-albab, yakni orang-orang yang sempurna akalnya, sebagaimana Firman-Nya:

 

žcÎ) ’Îû È,ù=yz ÏNºuq»yJ¡¡9$# ÇÚö‘F{$#ur É#»n=ÏF÷z$#ur È@øŠ©9$# ͑$pk¨]9$#ur ;M»tƒUy ’Í<'rT[{ É=»t6ø9F{$# ÇÊÒÉÈ  

 

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (QS. Ali Imran: 190)

 

tûïÏ%©!$# tbrãä.õ‹tƒ ©!$# $VJ»uŠÏ% #YŠqãèè%ur 4’n?tãur öNÎgÎ/qãZã_ tbr㍤6xÿtGtƒur ’Îû È,ù=yz ÏNºuq»uK¡¡9$# ÇÚö‘F{$#ur $uZ­/u‘ $tB |Mø)n=yz #x‹»yd WxÏÜ»t/ y7oY»ysö6ߙ $oYÉ)sù z>#x‹tã ͑$¨Z9$# ÇÊÒÊÈ 

 (Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka. (QS. 3:191)

 

Hadirin yang dirahmati Allah

                Kedua, karakteristik orang-orang yang beriman adalah apabila dibacakan atau diperlihatkan kepadanya ayat-ayat Allah, yakni tanda-tanda kebesaran Allah, baik yang tersurat yang berupa ayat-ayat al-Quran, maupun yang tersirat berupa alam semesta ini, maka bertambahlah keimanannya kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman:

 

$yJ¯RÎ) ß`ÏB÷sム$uZÏG»tƒ$t«Î/ tûïÏ%©!$# #sŒÎ) (#rãÅe2èŒ $pkÍ5 (#r”yz #Y‰£Úߙ (#qßs¬7y™ur ωôJpt¿2 öNÎgÎn/u‘ öNèdur Ÿw šcrçŽÉ9õ3tFó¡o„ ) ÇÊÎÈ  

 

Sesungguhnya orang yang benar benar percaya kepada ayat ayat Kami adalah mereka yang apabila diperingatkan dengan ayat ayat itu mereka segera bersujud seraya bertasbih dan memuji Rabbnya, dan lagi pula mereka tidaklah sombong. (QS. as-Sajadah: 15)

 

            Ketiga, karakteristik orang-orang yang beriman adalah bertawakkal kepada Allah. Artinya, berserah diri kepada Allah untuk menentukan hasil dari usaha yang sudah kita lakukan dengan maksimal. Sebab Allah SWT telah menetapkan dalam firman-Nya:

 

`tBur ö@©.uqtGtƒ ’n?tã «!$# uqßgsù ÿ¼çmç7ó¡ym 4 ¨bÎ) ©!$# à÷Î=»t/ ¾Ín̍øBr& 4 ô‰s% Ÿ@yèy_ ª!$# Èe@ä3Ï9 &äóÓx« #Y‘ô‰s%

 

Dan Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah Mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (QS. ath-Thalaq: 3)

 

Hadirin yang dirahmati Allah

            Keempat, karakteristik orang-orang yang beriman adalah mendirikan shalat. Yakni shalat dalam arti ibadah ritual lima kali sehari semalam, maupun shalat dalam arti ibadah social yang diejawantahkan dalam kehidupan sehari. Karena dalam pelaksanaan ibadah shalat tercermin sifat-sifat terpuji, seperti ikhlas, ridha, khusyu’, tawadhu, sabar, dan istiqamah.

            Di dalam sebuah Hadis Qudsi yan diriwayatkan oleh Imam Dailami, Allah SWT berfirman:

 

لـَيْسَ كُلُّ مُصَلٍّ يُصَلِّى، اِنَّمَا اَتَقَــبَّلُ الصَّلاَةَ مِمَّنْ تَوَاضَعَ لِعَظَمَتِىْ، وَكَفَّ شَهْوَاتِهِ عَنْ مَحَارِمِىْ وَلَمْ يُصِرُّ عَلـَى مَعْصِيَتِىْ، وَاَطْعَمَ الْجَائـِعَ، وَكَسَا الْعَرْيــَانَ، وَرَحِمَ الْمُصَابَ، وَآوَى الْغَرِيْبَ، كُلُّ ذَلِكَ لِىْ.

 

Tidak semua orang shalat itu bershalat (di hadapan-Ku). Karena Aku hanya menerima shalatnya orang-orang yang merendahkan diri kepada keagungan-Ku, menahan syahwatnya dari perbuatan haram larangan-Ku dan tidak terus menerus bermaksiat kepada-Ku, memberi makan kepada yang lapar dan memberi pakaian kepada orang yang telanjang, mengasihi orang yang terkena musibah dan menampung orang asing (yang membutuhkan tempat perlindungan), yang semua itu dilakukan karena Aku.

                                                      

وَعِزَّتِىْ وَجَلاَلِىْ اِنَّ نُوْرَ وَجْهِهِ لَاَضْوَأُ عِنْدِىْ مِنْ نُورِ الشَّمْسِ عَلـَى اَنْ اَجْعَلَ الْجَهَالَةَ لَهُ حِلْمًا، وَالظُّلْمَةَ نـــُـوْرًا، يَدْعُوْنِىْ فَاُلـَــبِّيهِ، وَيــَسْأَلُنِى فُاُعْطِيهِ، وَيــَقْسِمُ عَلَيَّ فَاُبِرُّهُ، اَكْلَؤُهُ بِقُرْبِىْ، وَاَسْتَحْفِظُهُ مَلاَئِكَتِىْ، مَثَلُهُ عِنْدِىْ كَمَثَلِ الْفِرْدَوْسِ، لـَا يَمَسُّ ثَمَرُهَا وَلـَا يَتَغَيَّرُ حَالــُهَا. ( رواه الديلمى)

 

Demi keagungan dan kebesaran-Ku, sesungguhnya bagi-Ku cahaya wajahnya lebih bersinar daripada matahari, dan Aku menjadikan kejahilannya kebijaksanaan, dan menjadikan kegelapannya cahaya, (tatkala) ia berdoa kepada-Ku maka Aku mengabulkannya, ia memohon kepada-Ku maka Aku memberikannya, ia mengikat janji dengan-Ku maka Aku menepatinya, Aku melindunginya dengan kedekatan-Ku padanya, dan Aku menyuruh malaikat-Ku untuk menjaganya. Bagiku ia bagaikan surga Firdaus yang belum tersentuh buahnya dan tidak berobah keadaannya. (HR. Dailami)

 

Hadirin yang dirahmati Allah

            Kelima, karakteristik orang-orang yang beriman adalah menafkahkan sebagian harta yang dimilikinya, baik nafkah wajib seperti zakat dan biaya hidup keluarga, maupun nafkah sunnah seperti sedekah jariyah menyantuni fakir, miskin, anak-anak yatim, atau membantu sarana-sarana ibadah, pendidikan, maupun sarana-sarana umum lainnya.

Allah SWT berfirman:

 

tûïÏ%©!$# tbqà)ÏÿZムöNßgs9ºuqøBr& ’Îû È@‹Î6y™ «!$# §NèO Ÿw tbqãèÎ7÷Gム!$tB (#qà)xÿRr& $xYtB Iwur “]Œr&   öNçl°; öNèdãô_r& y‰YÏã öNÎgÎn/u‘ Ÿwur ì$öqyz óOÎgøŠn=tæ Ÿwur öNèd šcqçRt“óstƒ ÇËÏËÈ  

 

Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (QS. al-Baqarah: 262)

 

Hadirin yang dirahmati Allah

            Apabila kelima point tersebut yang merupakan karakteristik orang-orang yang beriman itu mampu kita laksanakan, maka Allah SWT memberikan jamiman:

 

y7Í´¯»s9'ré& ãNèd tbqãZÏB÷sßJø9$# $y)ym 4 öNçl°; ìM»y_u‘yŠ y‰YÏã óOÎgÎn/u‘ ×otÏÿøótBur ×-ø—Í‘ur ÒOƒÌŸ2 ÇÍÈ  

 

Mereka itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezki (nikmat) yang mulia. (QS. al-Anfal: 4)

 

            Demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga kita semuanya menjadi orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya.

 

بارك الله لـى ولكم

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Tentang Penulis
 Ahmad subagja  | ALWUSTHO

Ahmad subagja | ALWUSTHO

| Jl.Raya Balaraja Kresek Km.06 Pasar Ceplak Kp.Tegal Anyar

MASJID ALWUSTHO SUKAMULYA
SEZARAH BERDIRINYA MASJID ALWUSTHO KP.TEGAL ANYAR SUKAMULYA KAB.TANGERANG

SEZARAH BERDIRINYA MASJID ALWUSTHO KP.TEGAL ANYAR SUKAMULYA KAB.TANGERANG
Semenjak pertama kali menjadi warga Kp.Tegal Anyar Rt.05 Rw.01 Ds.Sukamulya Kec.Sukamulya Kab.Tangerang tepatnya pada bulan Oktober tahun 2003, ketika mau Sholat Jum'at harus jalan dari rumah ke Masjid kurang lebih 1 kilometer, jarak tempuh kalau dengan jalan kaki cukup jauh. Mulai dari sini ada keinginan untuk mendirikan Masjid di kampung tersebut tentunnya dengan warga sekitar.
Sebelas tahun kemudian tepatnya pada tahun 2014 sempat mengadakan obrolan kecil dengan tokoh dan Rt. setempat untuk musyawarah warga jajak pendapat untuk pendirian Masjid dengan mengajak 2 Rt. yang berdekatan, untuk menidak lanjuti rencana kami (Penggiat Pendirian Maasjid) untuk Mendirikan Masjid akhirnya buat surat undangan musyawarah tokoh masyarakat Rt.5,6 & 7 Rw.01 yang terdiri dari tiga kampung, tiga Rt dan tiga Musholla (Tegal Anyar, Tegal Murni dan Pondok Gede) tapi sayang ada salah satu tokoh agama yang menentang dan salah satu Rt. tidak berani untuk melanjutkan undangan tokoh masyarakat, terpaksa rencana gagal.
 Semangat kami masih ada untuk pendirian Masjid apalagi ada salah satu Musholla direnovasi total sampai naik jadi 2 lantai, harapan kami bisa dijadikan Masjid. Namun nyatanya dari pengurus musholla menyatakan tidak akan pernah dijadikan Masjid, pedahal jarak  Musholla ke Masjid cukup jauh.
Selang lima tahun kemudian pada tanggal 01 Juni tahun 2019 ketemu tetangga H.Zuhdi seorang saudagar/pedagang menyampaikan keinginan yang sama untuk mendirikan Masjid setelah ada yang mau jual tanah disamping rumahnya. Seperti gayung bersambut tanah yang ditawarkan langsung dibayar dan diwakafkan untuk pembangunan Masjid. 
Untuk mengawali pembangunan kami mengundang tokoh masyarakat sekitarnya tiga Rt. ; Kp.Tegal anyar Rt.05/01, Kp.Pondok Gede Rt.06/01 dan Kp.Tegal Murni Rt.07/01 Ds.Sukamulya Kec.Sukamulya Kab.Tangerang. Undangan Musyawarah atas nama PENGGIAT PENDIRIAN MASJID, Musyawarah dilaksanakan di Majlis H.Zuhdi Kp.Tegal Anyar Rt.05/01, pada hari Kamis malam Jum'at tgl.20 Juni 2019, menghasilkan keputusa sebagai berikut;
A. Terbentuknya Panitia Pembangunan Masjid
B. Untuk megawali pekerjaan pembangunan, peletakan batu pertama, penentuan arah qiblat dan pemberian nama Masjid nunggu keputusan seorang Kiyai/Abuya yang ditokohkan dan dijadikan rujukan dalam beragama dan bermasyarakat yaitu KH. UCI TURTUSI Cilingok, mengingat ada salah satu tokoh agama termasuk muridnya beliau yang menentang pendirian masjid tersebut.
Abuya KH.Uci Turtusi kami hubungi dan beliau tidak langsung memberikan keputusan, beliau pelajari dulu rencana yang kami sampaikan terkait pendirian Masjid, ternyata beliau sangat teliti dan hati-hati untuk memberikan keputusan kurang lebih memakan waktu satu bulan, tepatnya pada tanggal 03 Juli 2019 beliau langsung datang ke lokasi lahan yang akan dibangun masjid letaknya di Jl.Raya Balaraja Kresek Km.6  Pasar Ceplak Kp.Tegal Anyar Rt.05 Rw.01 Ds.Sukamulya Kec.Sukamulya Kab.Tangerang, didampingi jamaah beliau dan juga dihadiri oleh warga, tokoh dan pejabat setempat berikut Kepala Desa, karena dua hari sebelumnya beliau menginformasikan kepada kami melaui santrinya untuk menyiapkan acara Peletakan batu pertama, pengukuran qiblat sekaligus pemberian nama Masjid, sehingga kami sempat menyampaikan kepada warga dan pejabat setempat semuannya antusias menghadiri dan menyambut Abuya Uci Turtusi.
Acara diawali dengan Tausiyah mauidhotul hasanah, mengutip beberapa pembicaraan beliau sebagai berikut ;
 - Selama pembangunan Masjid tidak boleh minta sodaqoh dipinggir jalan karena disamping mengganggu ketertiban umum juga satu hal yang dianggap merendahkan umat Islam dihadapan orang-orang non Muslim,
- Selama pembangunan Masjid tidak boleh buat proposal ke pemerintah dan lembaga, tapi kalau ada pejabat yang datang memberikan sodaqoh atas nama pribadi tidak boleh ditolak jangankan banyak walaupun ngasi sodaqoh Rp.1,000,- (seribu rupiah) harus diterima dan tanpa LPJ. 
- Pemberian nama Masjid " ALWUSTHO" artinya  mejeuhna (tengah-tengah), khoirul umur awusathuha (sebaik-baiknya urusan tengah-tengah), tengah-tengah baina Balaraja Wakresek (antara lokasi Balaraja dan Kresek), awewe oge anu diteangan nungenah tengah-tengahna kelakar beliau. 
Dilanjutkan dengan pengukuran arah qiblat oleh beliau dan sekaligus peletakan batu pertama pembangunan didampingi oleh tukang Masjid yang disaksikan oleh jamaah, warga, dan pejabat setempat kurang lebih ada seribu Jamaah.
Mulai pada hari tersebut Rabu, 03 Juli 2019 M  pembangunan MASJID ALWUSTHO dilangsungkan oleh tukang Masjid dibantu Warga sekitarnya, hingga artikel ini ditulis pembangunan masjid masih berlangsung baru 70 persen pekerjaan. Artikel ini ditulis pada hari Jum'at, 01 Oktober 2021 (tahun ketiga pembangunan).
Mohon do'a dan bantuanya khususnya untuk pembaca, umumnya untuk kaum muslimin walmuslimat, mukminin walmukminat. Semoga diberikan kelancaran dan kemudahan kepada kami untuk menyelesaikan pembangunan masjid ALWUSTHO dan mampu memakmurkannya. Semoga semua kegiatan yang kita kerjakan dan rencanakan ada dalan ridho dan lindungan Allah SWT. Amiiin Yaa Robbal 'Alamiin.

Tenda & Kanopi Membrane Untuk Masjid. Delivery & Pemasangan sampai di Kota Antum

Wujudkan Kenyamanan Masjid Anda, dengan Kanopi Membrane, Awet sampai 15 tahun!

kanopi-untuk-masjid ciptakonstruksi

Rekomendasi Artikel untuk Anda