ETIKA BERPUASA (KULTUM ROMADHON HARI KE 6)
Ahmad subagja | ALWUSTHO
2021-10-02 22:35:13

ETIKA BERPUASA (KULTUM ROMADHON HARI KE 6)

ETIKA BERPUASA

 

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

اَلْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِىْ نَحْمَدُه وَنَسْتَعِيْنُه وَنَسْتَغْفِرُه، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ اَنْفُسِنَا وَمِنْ سَــيّــِآتِ اَعْمَالِنَا. مَنْ يــَّــهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لــَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لــَهُ. اَشْهَدُ اَنْ لاَّ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَه لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُه وَرَسُولُه الَّذِىْ لاَ نَبِيَّ بـَعْدَهُ. اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَـيْهِ وَعَلى آلِه وَصَحْبِه وَمَنْ تَبِعَ هُدَاهُ. اَمَّا بَعْدُ، مَعَاشِرَ الْـمُسْلِمِيـْنَ وَزُمْرَةَ الْمُؤْمِنِيْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ. اُوْصِيكُمْ وَنَفْسِىْ بِتَقْوَى اللهِ، فَــقَدْ فــَازَ الْمُــتَّــقُونَ. اَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ . {البقرة:١٨٦}

 

            Segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan nikmat yang tiada terhingga. Salawat dan salam sejahtera semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, beserta seluruh keluarga, sahabat, dan umatnya yang mengikuti jejak langkahnya.

 

Hadirin hamba Allah yang berbahagia

            Ibadah puasa Ramadhan adalah perintah Allah yang diwajibkan kepada orang-orang yang beriman, hamba-hamba Allah yang meyakini kebenaran firman-Nya yang disampaikan oleh Nabi terkasih Muhammad SAW pada tahun kedua hijriyah. Dan tentu saja, hanya orang-orang yang berimanlah yang akan menyambut seruan itu dengan penuh suka cita dan melaksanakannya dengan penuh keikhlasan. Sebab al-Quran sendiri telah mensifati orang-orang yang beriman ketika menerima perintah dari Allah SWT, maka mereka akan menyambutnya dengan pernyataan: sami’na wa-atha’na, kami dengar dan kami taat.

            Demikian pula ketika Allah SWT memerintahkan kepada hambanya untuk menyempurnakan ibadah puasanya, maka dengan segera orang-orang yang beriman itu akan memenuhinya. Oleh karena itu, pada hidangan jamuan Ramadhan saat ini, marilah kita bersama-sama menelaah beberapa hal yang berkaitan dengan pelaksaan puasa demi kesempurnaan ibadah kita.

Pertama, mengakhirkan sahur, yakni makan atau minum di akhir malam menjelang waktu subuh tiba. Hal ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana sabdanya:

 

تَسَحَّرُوْا فَاِنَّ فِى السَّحُوْرِ بَرَكَةٌ. (متفق عليه)

 

Sahurlah kalian, karena sesungguhnya pada sahur itu ada keberkahan. (HR. Bukhari-Muslim)

 

Dan dalam hadits yang lain Rasulullah bersabda:

 

السَّحُورُ كُلُّهُ بَرَكَةٌ، فَلاَ تَدَعُوهُ وَلَوْ اَنْ يَجُرَّعَ اَحَدُكُمْ جُرْعَةَ مَاءٍ، فَاِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِيْنِ. (رواه احمد)

 

Sahur itu semuanya mengandung keberkahan, maka janganlah kamu tinggalkan walaupun hanya dengan meminum seteguk air. Karena sesungguhnya Allah Azza wa-Jalla dan para malaikat-Nya mencurahkan rahmat-Nya kepada orang-orang yang sahur. (HR. Ahmad)

 

Hadirin hamba Allah yang berbahagia

Kedua, menyegerakan berbuka apabila memang waktunya sudah tiba, yakni waktu maghrib, dengan ditandai kumandang azan untuk waktu setempat maka segeralah berbuka, jangan ditunda-tunda lagi. Dan pada waktu berbuka puasa ini, Rasulullah mengajarkan agar tidak makan terlalu kenyang, karena apabila perut kekenyangan akan melahirkan rasa kantuk dan malas untuk menunaikan ibadah yang lainnya, seperti shalat maghrib, isya, dan tarawih.

Begitu juga, hindarilah jenis makanan yang dapat merangsang timbulnya penyakit perut, seperti makanan yang asam atau pedas. Karena selama seharian perut kita kosong, alat pencernaan pun sejenak beristirahat, apabila tiba-tiba perut kita ini diisi dengan makanan yang asam atau pedas, maka terjadilah kontradiksi di dalam saluran pencernaan yang secara otomatis akan mengakibatkan zat asam lambung meninggi, dan terjadilah sakit perut, mulas, mual, maag, dan buang air besar.

Rasulullah menganjurkan berbuka dengan makanan yang manis, seperti buah kurma.  Hal ini secara medis diketahui, bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang manis pada waktu berbuka itu, dapat mengganti karbohydrat dan kalori yang hilang selama berpuasa.

Rasulullah SAW bersabda:

لاَ يَزَالُ الــنَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجِلُوا الْفِطْرَ. (متفق عليه)

 

Manusia senantiasa dalam kebaikan selama ia menyegerakan berbuka. (HR. Bukhari Muslim)

 

Hadirin hamba Allah yang berbahagia

Ketiga, meninggalkan sesuatu yang tidak mendatangkan manfaat, baik ucapan maupun perbuatan. Inilah salah satu fungsi dari ibadah puasa, yaitu untuk mendidik manusia agar menjauhi perbuatan sia-sia yang tidak berguna.

Rasulullah SAW bersabda:

 

لَــيْسَ الصِّيَامُ مِنَ اْلاَكْلِ وَالشُّرْبِ، اِنَّمَا الصِّيَامُ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ. (رواه الحاكم)

 

Puasa itu bukanlah hanya menahan diri dari makan dan minum saja, tetapi puasa adalah menahan diri dari perbuatan sia-sia dan perkataan keji.  (HR. Hakim)

 

Pada hadits yang lain Rasulullah SAW bersabda:

 

خَمْسٌ يُفْطِرْنَ الصَّائِمَ: الْكَذِبُ وَالْغِـيْبَةُ وَالنَّمِيْمَةُ وَالْيَمِيْنُ الْكَاذِبَةُ وَالـنَّظَرُ بِشَهْوَةٍ. (اخرجه الـازدي)

 

“Ada lima perkara yang akan membatalkan (pahala) puasa, yaitu: dusta, ghibah (menggunjing), profokasi (mengadu domba), sumpah palsu, dan melihat sesuatu yang menimbulkan syahwat.

 

Hadirin hamba Allah yang berbahagia

Keempat, menghidupkan malam Ramadhan dengan mendirikan shalat Qiyamu Ramadhan atau shalat Tarawih dan shalat-shalat sunnah lainnya, baik itu di masjid, mushalla, ataupun di tempat-tempat lain yang layak untuk digunakan sebagai tempat ibadah. Tarawih artinya istirahat, karena dahulu Rasulullah SAW dan kaum muslimin mula-mula berkumpul untuk melaksanakan shalat tersebut, mereka itu beristirahat terlebih dahulu setiap mereka selesai shalat empat rakaat. Shalat Tarawih hukumnya sunnah muakkad, bagi laki-laki dan perempuan, sah dikerjakan sendiri-sendiri (munfarid) dan lebih baik dikerjakan secara berjamaah.

Shalat tarawih dengan berjamaah sesungguhnya telah pernah dipraktekkan oleh Rasulullah SAW dahulu, tetapi karena beliau kuatir kalau shalat Tarawih itu dianggap wajib oleh umat Islam dan bisa memberatkan umat, maka beliau hanya melaksanakan berjamaah beberapa hari saja, dan selebihnya beliau melaksanakannya di rumah.

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Ibnu Urwah dari Aisyah bahwa Nabi SAW pada suatu malam pergi ke masjid di tengah malam lalu shalat di masjid, dan para sahabat ikut berjamaah bersama beliau. Pada malam kedua terjadi peristiwa yang sama, demikian pula pada malam ketiga. Tapi pada malam keempat Nabi tidak pergi ke masjid untuk qiyamullail. Subuhnya beliau ke masjid sebagaimana biasa, dan selesai shalat Subuh beliau bersabda: "Sesungguhnya tidaklah tersembunyi bagiku keadaanmu tadi malam, akan tetapi aku kuatir shalat mala ini akan difardukan atas kalian, lalu kalian tidak sanggup melaksanakannya".

Keadaan tanpa berjamaah di masjid kecuali tiga malam yang diimami Nabi SAW sendiri itu hingga Nabi SAW wafat. Kemudian pada zaman Khalifah Umar bin Khatab, pada suatu malam bulan Ramadhan beliau pergi ke masjid, dan di situ telah banyak orang-orang yang shalat Qiyamu Ramadhan dengan terpencar-pencar, ada yang munfarid dan ada yang berjamaah. Lalu khalifah berpendapat, bahwa alangkah baiknya kalau mereka yang shalat itu dikumpulkan dan mengikuti seorang imam shalat. Dan pada malam berikutnya beliau menunjuk Ubay bin Kaab untuk mengimami orang-orang yang shalat Qiyamu Ramadhan. Dan malam-malam selanjutnya dilaksanakan secara berjamaah oleh satu imam. Demikian Qiyamu Ramadhan atau shalat Tarawih dilaksanakan oleh Umat Islam secara berjamaah sampai pada generasi kita sekarang. Tentang keutamaan shalat Tarawih ini Rasulullah SAW bersabda:

اِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ فَرَضَ صِيَامَ رَمَضَانَ وَسَنَنْتُ قِيَامَهُ، فَمَنْ صَامَهُ وَقَامَهُ اِحْتِسَابـًا خَرَجَ مِنَ الذُّنـــُوبِ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ اُمُّهُ. (رواه احـمد)

 

Sesungguhnya Allah 'Azza aw-Jalla mewajibkan puasa Ramadhan dan aku mensunnahkan shalat malam harinya. Barangsiapa berpuasa dan shalat malam dengan mengharap pahala (keridhaan) Allah, maka dia keluar dari dosanya seperti bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya. (HR. Ahmad)

 

Hadirin hamba Allah yang berbahagia

            Kelima, memperbanyak dzikir, tadarrus al-Qur’an, dan do’a sepanjang hari, wabil-khusus pada saat berbuka. Karena pada bulan Ramadhan ini, Allah SWT menyediakan pahala sebanyak-banyaknya bagi orang yang berbuat kebaikan, membukakan pintu taubat selebar-lebarnya bagi orang yang bertaubat, mengabulkan permohonan sebaik-baiknya bagi orang yang berdo’a kepada-Nya.

Rasulullah SAW bersabda:

 

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ: اْلاِمَامُ الْعَادِلُ، وَالصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ، وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ.

 

Ada tiga do’a yang tidak akan tertolak, yaitu: (pertama) do’anya seorang pemimpin yang adil, (kedua) do’anya orang yang berpuasa sampai ia berbuka, dan (ketiga) do’anya orang yang teraniaya. (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

 

            Di dalam surah al-Baqarah yang membicarakan masalah puasa mulai ayat 183 hingga ayat 188, dalam enam ayat yang panjang-panjang itu, ternyata diselingi satu ayat tentang do'a, yakni pada ayat 186. Allah SWT berfirman:

 

#sŒÎ)ur y7s9r'y™ “ÏŠ$t6Ïã ÓÍh_t㠒ÎoTÎ*sù ë=ƒÌs% ( Ü=‹Å_é& nouqôãyŠ Æí#¤$!$# #sŒÎ) Èb$tãyŠ ( (#qç6‹ÉftGó¡uŠù=sù ’Í< (#qãZÏB÷sã‹ø9ur ’Î1 öNßg¯=yès9 šcr߉ä©ötƒ ÇÊÑÏÈ           

 

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo'a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. al-Baqarah:186)

 

Bila dibaca sepintas lalu, seakan-akan ayat 186 ini merupakan selingan dan tidak ada hubungannya dengan masalah puasa. Tetapi bila diperhatikan dengan seksama dan dihubungkan dengan ruh Islam tentang ibadah puasa Ramadhan, ayat ini amat penting kedudukannya dalam masalah puasa Ramadhan. Karena Allah SWT berkenan mengabulkan do'anya orang-orang yang beriman dan bertakwa, sebagaimana tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan ibadah puasa – la'allkaum tattaqun – supaya kamu menjadi orang-orang yang bertakwa.

 

Hadirin hamba Allah yang berbahagia

            Demikianlah lima hal yang akan menyempurnakan ibadah puasa kita, semoga kita sekalian diberikan kekuatan untuk melaksanakan ibadah puasa ini dengan sebaik-baiknya sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah SWT.

 

وَاللهُ الْمُوَافِقُ اِلَى اَقْوَامِ الطَّرِيْقِ

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tentang Penulis
 Ahmad subagja  | ALWUSTHO

Ahmad subagja | ALWUSTHO

| Jl.Raya Balaraja Kresek Km.06 Pasar Ceplak Kp.Tegal Anyar

MASJID ALWUSTHO SUKAMULYA
SEZARAH BERDIRINYA MASJID ALWUSTHO KP.TEGAL ANYAR SUKAMULYA KAB.TANGERANG

SEZARAH BERDIRINYA MASJID ALWUSTHO KP.TEGAL ANYAR SUKAMULYA KAB.TANGERANG
Semenjak pertama kali menjadi warga Kp.Tegal Anyar Rt.05 Rw.01 Ds.Sukamulya Kec.Sukamulya Kab.Tangerang tepatnya pada bulan Oktober tahun 2003, ketika mau Sholat Jum'at harus jalan dari rumah ke Masjid kurang lebih 1 kilometer, jarak tempuh kalau dengan jalan kaki cukup jauh. Mulai dari sini ada keinginan untuk mendirikan Masjid di kampung tersebut tentunnya dengan warga sekitar.
Sebelas tahun kemudian tepatnya pada tahun 2014 sempat mengadakan obrolan kecil dengan tokoh dan Rt. setempat untuk musyawarah warga jajak pendapat untuk pendirian Masjid dengan mengajak 2 Rt. yang berdekatan, untuk menidak lanjuti rencana kami (Penggiat Pendirian Maasjid) untuk Mendirikan Masjid akhirnya buat surat undangan musyawarah tokoh masyarakat Rt.5,6 & 7 Rw.01 yang terdiri dari tiga kampung, tiga Rt dan tiga Musholla (Tegal Anyar, Tegal Murni dan Pondok Gede) tapi sayang ada salah satu tokoh agama yang menentang dan salah satu Rt. tidak berani untuk melanjutkan undangan tokoh masyarakat, terpaksa rencana gagal.
 Semangat kami masih ada untuk pendirian Masjid apalagi ada salah satu Musholla direnovasi total sampai naik jadi 2 lantai, harapan kami bisa dijadikan Masjid. Namun nyatanya dari pengurus musholla menyatakan tidak akan pernah dijadikan Masjid, pedahal jarak  Musholla ke Masjid cukup jauh.
Selang lima tahun kemudian pada tanggal 01 Juni tahun 2019 ketemu tetangga H.Zuhdi seorang saudagar/pedagang menyampaikan keinginan yang sama untuk mendirikan Masjid setelah ada yang mau jual tanah disamping rumahnya. Seperti gayung bersambut tanah yang ditawarkan langsung dibayar dan diwakafkan untuk pembangunan Masjid. 
Untuk mengawali pembangunan kami mengundang tokoh masyarakat sekitarnya tiga Rt. ; Kp.Tegal anyar Rt.05/01, Kp.Pondok Gede Rt.06/01 dan Kp.Tegal Murni Rt.07/01 Ds.Sukamulya Kec.Sukamulya Kab.Tangerang. Undangan Musyawarah atas nama PENGGIAT PENDIRIAN MASJID, Musyawarah dilaksanakan di Majlis H.Zuhdi Kp.Tegal Anyar Rt.05/01, pada hari Kamis malam Jum'at tgl.20 Juni 2019, menghasilkan keputusa sebagai berikut;
A. Terbentuknya Panitia Pembangunan Masjid
B. Untuk megawali pekerjaan pembangunan, peletakan batu pertama, penentuan arah qiblat dan pemberian nama Masjid nunggu keputusan seorang Kiyai/Abuya yang ditokohkan dan dijadikan rujukan dalam beragama dan bermasyarakat yaitu KH. UCI TURTUSI Cilingok, mengingat ada salah satu tokoh agama termasuk muridnya beliau yang menentang pendirian masjid tersebut.
Abuya KH.Uci Turtusi kami hubungi dan beliau tidak langsung memberikan keputusan, beliau pelajari dulu rencana yang kami sampaikan terkait pendirian Masjid, ternyata beliau sangat teliti dan hati-hati untuk memberikan keputusan kurang lebih memakan waktu satu bulan, tepatnya pada tanggal 03 Juli 2019 beliau langsung datang ke lokasi lahan yang akan dibangun masjid letaknya di Jl.Raya Balaraja Kresek Km.6  Pasar Ceplak Kp.Tegal Anyar Rt.05 Rw.01 Ds.Sukamulya Kec.Sukamulya Kab.Tangerang, didampingi jamaah beliau dan juga dihadiri oleh warga, tokoh dan pejabat setempat berikut Kepala Desa, karena dua hari sebelumnya beliau menginformasikan kepada kami melaui santrinya untuk menyiapkan acara Peletakan batu pertama, pengukuran qiblat sekaligus pemberian nama Masjid, sehingga kami sempat menyampaikan kepada warga dan pejabat setempat semuannya antusias menghadiri dan menyambut Abuya Uci Turtusi.
Acara diawali dengan Tausiyah mauidhotul hasanah, mengutip beberapa pembicaraan beliau sebagai berikut ;
 - Selama pembangunan Masjid tidak boleh minta sodaqoh dipinggir jalan karena disamping mengganggu ketertiban umum juga satu hal yang dianggap merendahkan umat Islam dihadapan orang-orang non Muslim,
- Selama pembangunan Masjid tidak boleh buat proposal ke pemerintah dan lembaga, tapi kalau ada pejabat yang datang memberikan sodaqoh atas nama pribadi tidak boleh ditolak jangankan banyak walaupun ngasi sodaqoh Rp.1,000,- (seribu rupiah) harus diterima dan tanpa LPJ. 
- Pemberian nama Masjid " ALWUSTHO" artinya  mejeuhna (tengah-tengah), khoirul umur awusathuha (sebaik-baiknya urusan tengah-tengah), tengah-tengah baina Balaraja Wakresek (antara lokasi Balaraja dan Kresek), awewe oge anu diteangan nungenah tengah-tengahna kelakar beliau. 
Dilanjutkan dengan pengukuran arah qiblat oleh beliau dan sekaligus peletakan batu pertama pembangunan didampingi oleh tukang Masjid yang disaksikan oleh jamaah, warga, dan pejabat setempat kurang lebih ada seribu Jamaah.
Mulai pada hari tersebut Rabu, 03 Juli 2019 M  pembangunan MASJID ALWUSTHO dilangsungkan oleh tukang Masjid dibantu Warga sekitarnya, hingga artikel ini ditulis pembangunan masjid masih berlangsung baru 70 persen pekerjaan. Artikel ini ditulis pada hari Jum'at, 01 Oktober 2021 (tahun ketiga pembangunan).
Mohon do'a dan bantuanya khususnya untuk pembaca, umumnya untuk kaum muslimin walmuslimat, mukminin walmukminat. Semoga diberikan kelancaran dan kemudahan kepada kami untuk menyelesaikan pembangunan masjid ALWUSTHO dan mampu memakmurkannya. Semoga semua kegiatan yang kita kerjakan dan rencanakan ada dalan ridho dan lindungan Allah SWT. Amiiin Yaa Robbal 'Alamiin.

Tenda & Kanopi Membrane Untuk Masjid. Delivery & Pemasangan sampai di Kota Antum

Wujudkan Kenyamanan Masjid Anda, dengan Kanopi Membrane, Awet sampai 15 tahun!

kanopi-untuk-masjid ciptakonstruksi

Rekomendasi Artikel untuk Anda