Pondok Pesantren Arrohimiyyah Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat
Temukan keunggulan Pondok Pesantren Arrohimiyyah di Jawa Barat. Pendidikan berkualitas untuk masa depan cerah! Bergabunglah dengan Pondok Pesantren Arrohimiyyah, tempat pendidikan terbaik di Jawa Barat yang membentuk generasi cerdas.
Cikatubang RT. 04/02 Ds. Sukagalih. Kab/Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat
Alamat Pondok Pesantren Arrohimiyyah Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat
Jawa Barat
Peta Lokasi Arrohimiyyah
Jadwal Sholat di Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat
"Apabila kamu telah menyelesaikan sholat, berdzikirlah kepada Allah (mengingat dan menyebut-Nya), baik ketika kamu berdiri, duduk, maupun berbaring. Apabila kamu telah merasa aman, laksanakanlah sholat itu (dengan sempurna). Sesungguhnya sholat itu merupakan kewajiban yang waktunya telah ditentukan atas orang-orang mukmin."
Bulan JANUARI 2025 (1 RAJAB 1446 s.d. 1 SYA'BAN 1446 ) | |||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Tasikmalaya (0° 0' 0" LS 0° 0' 0" BT GMT+7) | |||||||
Tgl Masehi | Tgl Hijriah | Shubuh | Dhuhur | Ashar | Maghrib | Isya' | |
1 Januari 2025 | 04:39 | 12:08 | 15:31 | 18:11 | 19:24 | ||
2 Januari 2025 | 04:39 | 12:08 | 15:32 | 18:11 | 19:25 | ||
3 Januari 2025 | 04:40 | 12:09 | 15:32 | 18:12 | 19:25 | ||
4 Januari 2025 | 04:40 | 12:09 | 15:33 | 18:12 | 19:26 | ||
5 Januari 2025 | 04:41 | 12:10 | 15:33 | 18:12 | 19:26 | ||
6 Januari 2025 | 04:41 | 12:10 | 15:33 | 18:13 | 19:26 | ||
7 Januari 2025 | 04:42 | 12:11 | 15:34 | 18:13 | 19:27 | ||
8 Januari 2025 | 04:42 | 12:11 | 15:34 | 18:14 | 19:27 | ||
9 Januari 2025 | 04:43 | 12:11 | 15:35 | 18:14 | 19:27 | ||
10 Januari 2025 | 04:43 | 12:12 | 15:35 | 18:15 | 19:28 | ||
11 Januari 2025 | 04:44 | 12:12 | 15:35 | 18:15 | 19:28 | ||
12 Januari 2025 | 04:44 | 12:13 | 15:35 | 18:15 | 19:28 | ||
13 Januari 2025 | 04:45 | 12:13 | 15:36 | 18:16 | 19:29 | ||
14 Januari 2025 | 04:45 | 12:13 | 15:36 | 18:16 | 19:29 | ||
15 Januari 2025 | 04:46 | 12:14 | 15:36 | 18:16 | 19:29 | ||
16 Januari 2025 | 04:46 | 12:14 | 15:36 | 18:17 | 19:29 | ||
17 Januari 2025 | 04:47 | 12:14 | 15:37 | 18:17 | 19:29 | ||
18 Januari 2025 | 04:47 | 12:15 | 15:37 | 18:17 | 19:30 | ||
19 Januari 2025 | 04:47 | 12:15 | 15:37 | 18:18 | 19:30 | ||
20 Januari 2025 | 04:48 | 12:15 | 15:37 | 18:18 | 19:30 | ||
21 Januari 2025 | 04:48 | 12:16 | 15:37 | 18:18 | 19:30 | ||
22 Januari 2025 | 04:49 | 12:16 | 15:37 | 18:18 | 19:30 | ||
23 Januari 2025 | 04:49 | 12:16 | 15:38 | 18:19 | 19:30 | ||
24 Januari 2025 | 04:49 | 12:16 | 15:38 | 18:19 | 19:31 | ||
25 Januari 2025 | 04:50 | 12:16 | 15:38 | 18:19 | 19:31 | ||
26 Januari 2025 | 04:50 | 12:17 | 15:38 | 18:19 | 19:31 | ||
27 Januari 2025 | 04:50 | 12:17 | 15:38 | 18:19 | 19:31 | ||
28 Januari 2025 | 04:51 | 12:17 | 15:38 | 18:20 | 19:31 | ||
29 Januari 2025 | 04:51 | 12:17 | 15:38 | 18:20 | 19:31 | ||
30 Januari 2025 | 04:51 | 12:17 | 15:38 | 18:20 | 19:31 | ||
31 Januari 2025 | 04:52 | 12:18 | 15:38 | 18:20 | 19:31 |
فَاِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلٰوةَ فَاذْكُرُوا اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِكُمْ ۚ فَاِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ ۚ اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا
Artinya: "Apabila kamu telah menyelesaikan sholat, berdzikirlah kepada Allah (mengingat dan menyebut-Nya), baik ketika kamu berdiri, duduk, maupun berbaring. Apabila kamu telah merasa aman, laksanakanlah sholat itu (dengan sempurna). Sesungguhnya sholat itu merupakan kewajiban yang waktunya telah ditentukan atas orang-orang mukmin."
Pondok Pesantren: Tradisi yang Menginspirasi Masa Depan Generasi Bangsa
Pesantren tradisional adalah bagian penting pendidikan di Indonesia yang sudah tumbuh sejak ratusan tahun lalu. Dalam lingkungan yang merangkul pendidikan agama dan kedisiplinan, pesantren berhasil melahirkan generasi anak bangsa dengan karakter teguh dan wawasan komprehensif. Hingga kini, keberadaan pesantren terus bertransformasi untuk menjawab dinamika masa kini. Mulai dari hafalan Al-Qur’an hingga kemampuan menguasai teknologi, pesantren kini berfungsi lebih dari tempat belajar agama.
Berdasarkan data Kementerian Agama RI, jumlah pesantren bertambah setiap tahun, dengan lebih dari 30.000 pesantren tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini menandakan masyarakat semakin mengakui pada peran pesantren dalam membentuk moral dan intelektualitas generasi muda. Artikel ini akan mengupas apa itu pondok pesantren, mengapa pendidikan di pesantren penting, dan bagaimana lembaga ini berkembang untuk tetap relevan di era digital.
Apa Itu Pondok Pesantren?
Definisi dan Makna Pondok Pesantren
Pondok pesantren adalah pusat pendidikan agama yang tidak hanya mengajarkan ilmu agama tetapi juga menekankan pengembangan karakter melalui pendidikan intensif di asrama. Kehidupan santri di pesantren berpusat pada aturan ketat, kemandirian, dan kebersamaan.
Konvensionalnya, kurikulum pesantren fokus pada teks tradisional dan ilmu agama seperti tafsir serta hukum Islam. Namun, banyak pesantren modern juga mengintegrasikan mata pelajaran umum. Ini memungkinkan santri tidak hanya mendalami agama dengan baik tetapi juga siap menghadapi tantangan dunia kerja.
Pesantren selama ini menjadi pusat pendidikan yang mengakar di tengah masyarakat. Keberadaannya erat kaitannya dengan budaya setempat, menciptakan lingkungan yang nyaman dan sesuai dengan adat istiadat daerah setempat.
Metode pengajaran pesantren tidak hanya mengedepankan pengetahuan, tetapi juga pengalaman hidup yang berharga bagi para santri. Penggabungan antara teori dan praktik membuat mantan santri pesantren mampu beradaptasi dengan berbagai situasi.
Sejarah dan Asal-usul Pesantren di Indonesia
Pesantren paling awal di Indonesia diperkirakan muncul pada abad ke-13 dengan berkembangnya Islam di Nusantara. Salah satu pesantren tertua adalah Pesantren di Ponorogo, yang didirikan pada abad ke-18.
Dari dulu, pesantren berfungsi sebagai media dakwah bagi masyarakat sekitar. Para kiai memegang peran sentral sebagai pendidik dan pemimpin moral yang disegani.
Pesantren zaman dulu sangat fokus pada pendidikan agama tradisional. Namun, dalam beberapa dekade terakhir, pesantren mulai merambah program pendidikan modern dan vokasional, membuka peluang lebih luas bagi para santri.
Transformasi tersebut terjadi seiring tuntutan masyarakat akan pendidikan komprehensif. Saat ini, pesantren tidak hanya mencetak pemuka agama, tetapi juga melahirkan tenaga ahli di berbagai bidang.
Mengapa Pondok Pesantren Sangat Dibutuhkan oleh Generasi Muda?
Kontribusi Pesantren dalam Membangun Pribadi Berakhlak Mulia
Pembentukan moralitas menjadi fokus utama dalam pendidikan pesantren.
Santri dilatih untuk hidup sederhana, disiplin, dan menghormati orang lain.
Pembelajaran dalam komunitas pesantren mengasah empati serta meningkatkan kesadaran sosial para santri.
Ketaatan pada ajaran agama menjadi prinsip yang diajarkan untuk membangun moralitas santri dalam menghadapi berbagai situasi.
Melalui pendidikan karakter, pesantren membentuk individu yang berwawasan luas serta berprinsip.
Pendidikan Integratif: Agama dan Ilmu Umum
Salah satu keunggulan pesantren adalah pendekatan pendidikan integratif.
Pesantren memberikan pendidikan lengkap yang meliputi ilmu agama dan pelajaran formal seperti sains dan bahasa.
Saat ini, pesantren mulai berkolaborasi dengan sekolah formal untuk menerapkan kurikulum nasional.
Santri yang lulus dari pesantren dibekali pengetahuan agama dan keterampilan profesional yang mumpuni.
Pesantren dengan kurikulum integratif menjembatani ilmu agama dan keterampilan duniawi.
Bagaimana Lembaga Pendidikan Islam Beradaptasi dengan Perubahan Era?
Transformasi Digital dalam Pendidikan di Lembaga Pendidikan Keagamaan
Di era digital, lembaga pendidikan Islam mulai mengadopsi teknologi untuk mendukung proses pendidikan. Banyak pesantren kini menyediakan akses jaringan online dan perangkat elektronik bagi santri.
Beberapa pesantren bahkan menawarkan program kelas virtual dan kursus keterampilan digital. Hal ini membuka peluang bagi santri untuk mengembangkan kemampuan di bidang teknologi.
Dengan memanfaatkan teknologi, pesantren juga memperluas akses proses belajar bagi masyarakat yang berada di wilayah jauh. Ini membuat pendidikan di pesantren semakin inklusif.
Langkah ini menunjukkan bahwa pesantren tidak tertinggal, tetapi terus mengembangkan diri agar tetap relevan dengan perkembangan teknologi.
Kurikulum Lembaga Pendidikan Islam dan Tantangan Global
Untuk menghadapi persaingan dunia, banyak pesantren kini menawarkan program pendidikan bahasa asing, seperti bahasa Inggris dan Arabic. Ini membantu santri berkompetisi di tingkat dunia.
Selain itu, pesantren juga mulai memasukkan pendidikan bisnis dalam kurikulum mereka. Santri diajarkan cara menjalankan usaha dan berinovasi dalam dunia wirausaha.
Pondok pesantren yang adaptif juga berperan dalam mengajarkan nilai-nilai pluralisme dan sikap terbuka. Ini penting dalam membentuk generasi muda yang menghargai perbedaan kultur dan kepercayaan.
Kurikulum yang disesuaikan dengan tantangan global membuat lulusan pesantren lebih siap menghadapi kompetisi dan berkontribusi secara positif bagi masyarakat.
Lembaga pesantren bukan hanya pusat pembelajaran, tetapi juga berperan sebagai perisai bagi generasi muda. Dengan kombinasi pendidikan agama dan umum, pesantren memberikan bekal komprehensif bagi santri untuk menghadapi tantangan masa depan.
Seiring dengan kemajuan era modern, pesantren terus melakukan pembaruan agar tetap relevan dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Adaptasi terhadap teknologi dan materi pelajaran modern menjadi kunci dalam menjaga eksistensi pesantren.
Pembelajaran di pesantren tidak hanya mencetak individu berwawasan luas dan berkarakter, tetapi juga pemimpin visioner dan tangguh. Ini menjadikan pesantren sebagai salah satu fondasi penting dalam pendidikan nasional.
Bagi Anda yang mencari pendidikan berkualitas dengan nilai-nilai keagamaan yang kuat, lembaga pesantren adalah pilihan tepat. Dengan keseimbangan antara nilai lama dan baru yang seimbang, pesantren akan terus menjadi bagian penting dari perkembangan pendidikan di negeri ini.
Berita dari Pondok Pesantren Arrohimiyyah Tasikmalaya
Artikel pilihan untuk peningkatan pengetahuan dan berbagi dari Arrohimiyyah Tasikmalaya.