Masjid dengan Kategori Masjid di Mall/Pasar

Masjid dengan Kategori Masjid di Mall/Pasar di KAB. LANNY JAYA

Gunakan form di bawah ini, untuk mempersempit pencarian

Tentang KAB. LANNY JAYA

Kabupaten Lanny Jaya adalah sebuah kabupaten di Provinsi Papua Pegunungan, Indonesia. Ibu kotanya adalah Distrik Tiom Kabupaten ini dibentuk pada tanggal 4 Januari 2008 berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2008, bersama-sama dengan pembentukan 5 kabupaten lainnya di Papua. Peresmiannya dilakukan oleh Mendagri H. Mardiyanto pada tanggal 21 Juni 2008. Nama kabupaten ini berasal dari Suku Lani yang mendiami daerah ini. Pada akhir tahun 2023, jumlah penduduk Lanny Jaya sebanyak 203.245 jiwa.

Beberapa distrik di Lanny Jaya seperti Kuyawage rentan mengalami bencana kelaparan akibat cuaca embun beku yang menyebabkan gagal panen seperti yang pernah terjadi di tahun 2022. Lokasinya yang terisolir di pegunungan, minim infrastruktur dan rawan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyebabkan bantuan sulit dikirim.

DPRD Lanny Jaya beranggotakan 25 orang yang dipilih melalui pemilihan umum setiap lima tahun sekali. Anggota DPRD Lanny Jaya yang sedang menjabat saat ini adalah hasil Pemilu 2019. Komposisi anggota DPRD Lanny Jaya periode 2019-2024 terdiri dari 13 partai politik dimana Partai Perindo dan Partai Demokrat adalah partai politik pemilik kursi terbanyak setelah masing-masing berhasil meraih 4 kursi.

Kabupaten Lanny Jaya terdiri atas 39 distrik, 1 kelurahan, dan 354 kampung dengan total luas 2.248,00 km² dan jumlah penduduk sebanyak 197.313 jiwa (2017). Kode Wilayah Kabupaten Lanny Jaya adalah 95.07.

Artikel bertopik geografi atau tempat Indonesia ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

Berita dari Masjid

Artikel pilihan untuk peningkatan pengetahuan dan berbagi dari seluruh masjid di Indonesia.