Informasi Masjid, Mushola dan Pondok Pesantren di KAB. MAMBERAMO TENGAH

Temukan Masjid Raya, Masjid Agung, Masjid Besar, Masjid Jami, Masjid Umum, Masjid Bersejarah, Masjid Kampus/Sekolah, Masjid Perumahan, Masjid di Mall/Pasar, Masjid Pesantren, Masjid Kantor, Mushola, Pondok Pesantren di KAB. MAMBERAMO TENGAH

Dan berpegang teguhlah kamu semuanya pada tali (Agama) Allah dan janganlah kamu bercerai berai

Qs Ali Imran : 103

Informasi Masjid di KAB. MAMBERAMO TENGAH belum tersedia

Pondok Pesantren di KAB. MAMBERAMO TENGAH

Pondok Pesantren di KAB. MAMBERAMO TENGAH belum tersedia

Tentang KAB. MAMBERAMO TENGAH

Kabupaten Mamberamo Tengah adalah sebuah kabupaten di Provinsi Papua Pegunungan, Indonesia. Kabupaten ini dibentuk pada tanggal 4 Januari 2008 berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2008, bersama-sama dengan pembentukan 5 kabupaten lainnya di Papua. Peresmiannya dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia H. Mardiyanto pada tanggal 21 Juni 2008. Pada akhir tahun 2023, jumlah penduduk Mamberamo Tengah sebanyak 49.352 jiwa.

Kondisi pedalaman Papua yang sebagian besar merupakan pegunungan dan akses yang sulit menyebabkan ketertinggalan yang cukup jauh dari daerah lain. Untuk lebih mendekatkan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat, maka Kabupaten Jayawijaya kemudian dimekarkan menjadi beberapa kabupaten, dan melalui Undang-Undang No.3 Tahun 2008 lahirlah Kabupaten Memberamo Tengah dengan kelurahan Kobakma sebagai ibu kotanya.

DPRD Mamberamo Tengah beranggotakan 20 orang yang dipilih melalui pemilihan umum setiap lima tahun sekali. Anggota DPRD Mamberamo Tengah yang sedang menjabat saat ini adalah hasil 17 April 2019 yang dilantik pada 6 Desember 2019 oleh Ketua Pengadilan Negeri Wamena, Yajid, S.H., M.H., di Aula Bogo. Komposisi anggota DPRD Mamberamo Tengah periode 2019-2022 terdiri dari 9 partai politik dimana Partai Demokrat adalah partai politik pemilik kursi terbanyak setelah berhasil meraih 6 kursi, kemudian disusul oleh Partai Nasional Demokrat yang meraih 4 kursi.

Kabupaten Mamberamo Tengah terdiri atas 5 distrik dan 59 kampung dengan luas wilayah 1.275,00 km² dan jumlah penduduk 44.788 jiwa (2017). Kode Wilayah Kabupaten Mamberamo Tengah adalah 91.21.

Jumlah penduduk kabupaten ini pada tahun 2020 berjumlah 48.201 jiwa, dan pada akhir tahun 2023 berjumlah 49.352 jiwa. Suku asli di wilayah ini adalah suku Yali, Lani, Walak, Gem, dan Taborta yang termasuk kedalam masyarakat wilayah adat La Pago.

Sementara untuk agama yang dianut, mayoritas penduduk Mamberamo Tengah menganut agama Kristen. Adapun banyaknya penduduk Mamberamo Tengah menurut agama yang dianut yakni Kekristenan sebanyak %, dengan rincian Protestan sebanyak % dan Katolik sebanyak %. Sebagian kecil lainnya menganut agama Islam yakni sebanyak 0,17%.

Artikel bertopik geografi atau tempat Indonesia ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

Berita dari Masjid

Artikel pilihan untuk peningkatan pengetahuan dan berbagi dari seluruh masjid di Indonesia.