Informasi Masjid, Mushola dan Pondok Pesantren di KAB. KEPULAUAN YAPEN

Temukan Masjid Raya, Masjid Agung, Masjid Besar, Masjid Jami, Masjid Umum, Masjid Bersejarah, Masjid Kampus/Sekolah, Masjid Perumahan, Masjid di Mall/Pasar, Masjid Pesantren, Masjid Kantor, Mushola, Pondok Pesantren di KAB. KEPULAUAN YAPEN

Dan berpegang teguhlah kamu semuanya pada tali (Agama) Allah dan janganlah kamu bercerai berai

Qs Ali Imran : 103

Tentang KAB. KEPULAUAN YAPEN

Kabupaten Kepulauan Yapen adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Papua, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kelurahan Serui Kota yang berada di wilayah Distrik Yapen Selatan. Kabupaten ini dahulu bernama Kabupaten Yapen Waropen, yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1969 tentang Pembentukan Provinsi Otonom Irian Barat dan Kabupaten-kabupaten Otonom di Provinsi Irian Barat. Pada pertengahan tahun 2023 jumlah penduduk Kepulauan Yapen berjumlah 115.056 jiwa, dengan kepadatan 47,00 jiwa/km².

Dalam perkembangannya terdapat aspirasi masyarakat Kabupaten Yapen Waropen yang menginginkan adanya perubahan nama dari kabupaten tersebut menjadi Kabupaten Kepulauan Yapen. Keinginan perubahan nama menjadi Kabupaten Kepulauan Yapen dilatarbelakangi oleh telah dibentuknya Kabupaten Otonom Waropen sebagai pemekaran dari Kabupaten Yapen Waropen berdasarkan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2002, sehingga agar tidak terjadi duplikasi nama perlu ditinjau adanya perubahan nama Kabupaten Yapen Waropen menjadi Kabupaten Kepulauan Yapen, selain itu secara geografis daerah ini merupakan wilayah yang terdiri dari gugusan pulau.

Akhirnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2008, nama Kabupaten Yapen Waropen diubah namanya menjadi Kabupaten Kepulauan Yapen.

Ibukota Kepulauan Yapen, Serui memiliki iklim hutan hujan tropis (Af) dengan curah hujan tinggi sepanjang tahun.

DPRD Kepulauan Yapen beranggotakan 25 orang yang dipilih melalui pemilihan umum setiap lima tahun sekali. Anggota DPRD Kepulauan Yapen yang sedang menjabat saat ini adalah hasil Pemilu 2019 yang dilantik pada 14 Januari 2020 oleh Ketua Pengadilan Negeri Serui. Komposisi anggota DPRD Kepulauan Yapen periode 2019-2024 terdiri dari 10 partai politik dimana Partai Demokrat adalah partai politik pemilik kursi terbanyak setelah berhasil meraih 6 kursi, kemudian disusul oleh Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Hanura yang masing-masing berhasil meraih 3 kursi.Berikut ini adalah komposisi anggota DPRD Kepulauan Yapen dalam dua periode terakhir.

Kabupaten Kepulauan Yapen terdiri atas 17 distrik, 5 kelurahan, dan 160 kampung dengan total luas daratan 2.432,49 km², luas lautan 4.713,16 km², dan jumlah penduduk sebanyak 113.099 jiwa (2020). Kode Wilayah Kabupaten Kepulauan Yapen adalah 91.05.

Artikel bertopik geografi atau tempat Indonesia ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

Berita dari Masjid

Artikel pilihan untuk peningkatan pengetahuan dan berbagi dari seluruh masjid di Indonesia.