Informasi Masjid dan Mushola di KAB. BELITUNG TIMUR

Temukan Masjid Raya, Masjid Agung, Masjid Besar, Masjid Jami, Masjid Umum, Masjid Bersejarah, Masjid Kampus/Sekolah, Masjid Perumahan, Masjid di Mall/Pasar, Masjid Pesantren, Masjid Kantor, Mushola di KAB. BELITUNG TIMUR

Dan berpegang teguhlah kamu semuanya pada tali (Agama) Allah dan janganlah kamu bercerai berai

Qs Ali Imran : 103

Tentang KAB. BELITUNG TIMUR

Koordinat: .mw-parser-output .geo-default,.mw-parser-output .geo-dms,.mw-parser-output .geo-dec{display:inline}.mw-parser-output .geo-nondefault,.mw-parser-output .geo-multi-punct{display:none}.mw-parser-output .longitude,.mw-parser-output .latitude{white-space:nowrap}2°54′S 108°3′E / 2.900°S 108.050°E / -2.900; 108.050

Kabupaten Belitung Timur (Melayu: Belitong Timurcode: ms is deprecated ) adalah kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kecamatan Manggar. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Belitung. Kabupaten Belitung Timur pernah menjadi lokasi pertambangan timah sejak masa kolonial Belanda hingga masa Orde Baru. Setelah kemerdekaan, usaha pertambangan dijalankan oleh PN Timah. Kabupaten Belitung Timur ini merupakan lokasi yang ada di dalam novel serta film Laskar Pelangi yang ditulis Andrea Hirata, yang juga seorang tokoh asal Belitung Timur.

Kabupaten Belitung Timur terdiri dari 7 kecamatan dan 39 desa. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 119.807 jiwa dengan luas wilayah 2.506,91 km² dan sebaran penduduk 48 jiwa/km².

Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, warga berasal dari beragam suku bangsa dan agama. Komunitas paling banyak ialah suku Melayu Bangka dan Sawang, dan ada juga Tionghoa. Selebihnya adalah suku pendatang dari luar pulau Bangka Belitung, seperti suku Jawa, Sunda, Batak, Minang, Aceh, Minahasa, Bugis, dan suku lainnya.

Sementara itu, agama yang dianut juga beragam. Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri tahun 2021, adapun persentasi penduduk Belitung Timur menurut agama yang dianut ialah Islam sebanyak 95,78%, kemudian pemeluk agama Buddha sebanyak 2,44%. Kemudian Kristen sebanyak 1,64% dimana Protestan 1,31% dan Katolik 0,33%, dan selebihnya menganut agama Konghucu yakni 0,14%.

Artikel bertopik geografi atau tempat Indonesia ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

Berita dari Masjid

Artikel pilihan untuk peningkatan pengetahuan dan berbagi dari seluruh masjid di Indonesia.