Informasi Masjid dan Mushola di KAB. NIAS UTARA

Temukan Masjid Raya, Masjid Agung, Masjid Besar, Masjid Jami, Masjid Umum, Masjid Bersejarah, Masjid Kampus/Sekolah, Masjid Perumahan, Masjid di Mall/Pasar, Masjid Pesantren, Masjid Kantor, Mushola di KAB. NIAS UTARA

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah pula kamu bersedih hati.

Qs. Ali imran : 139

Tentang KAB. NIAS UTARA

Nias Utara adalah kabupaten di pulau Nias, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kabupaten ini diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia, Mardiyanto, pada 29 Oktober 2008, sebagai salah satu hasil pemekaran dari Kabupaten Nias. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Nias Utara, penduduk kabupaten ini pada tahun 2022 berjumlah 150.780 jiwa, dengan kepadatan 120 jiwa/km2. Ibukota Nias Utara berada di kecamatan Lotu.

Wilayah Kabupaten Nias Utara dikelilingi oleh Samudra Hindia di bagian utara dan barat. Di sebelah timur, Kabupaten Nias Utara berbatasan dengan Kota Gunungsitoli dan Samudra Hindia. Sedangkan di sebelah selatan, Kabupaten Nias Utara berbatasan dengan Kabupaten Nias dan Kabupaten Nias Barat.

Awal diresmikan, Pemerintah Kabupaten Nias Utara dipimpin oleh Edward Zega sebagai Bupati dan Fangato Lase sebagai Wakil Bupati.

Bupati yang menjabat saat ini di Nias Utara ialah Amizaro Waruwu, didampingi wakil bupati, Yusman Zega. Mereka adalah pemenang pada pemilihan umum bupati Nias Utara 2020. Amizaro dan Yusman dilantik oleh gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, pada 26 April 2021 di kantor gubernur Sumatera Utara, Kota Medan, untuk periode 2021-2024.

Kabupaten Nias Utara terdiri dari 11 kecamatan, 1 kelurahan, dan 112 desa dengan luas wilayah mencapai 1.202,78 km² dan jumlah penduduk sekitar 146.663 jiwa (2017) dengan kepadatan penduduk 122 jiwa/km².

Kabupaten Nias Utara memiliki beragam objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh Wisatawan Domestik maupun Wisatawan Mancanegara

Danau megoto adalah satu-satunya objek wisata danau yang terletak di Desa Ononamolo Tumula, Alasa, Nias Utara. Megoto dikenal dengan air danau yang jernih, bening dan unik dimana saat-saat tertentu warna air danau Megoto dapat berubah warna. Selain itu, danau ini juga bisa digunakan sebagai tempat berenang serta media perikanan ikan tawar.

Air Terjun Luaha Ndroi terletak di Desa Fulolo, Alasa, Nias Utara. Air Terjun Luaha Ndroi memiliki air yang jernih udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah.

Tempat selancar di Pantai Turedawola terletak di Desa Afulu, Nias Utara. Pantai Turedawola memiliki beberapa daya tarik wisatawan yaitu tempat berselancar, berenang dan bermain pasir. Bulan Juni sampai Juli 2023 yang lalu telah dilaksanakan Kompetisi Surfing Nort Nias untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Nias Utara yang ke -14.

Pantai Tureloto terletak di Desa Balefadoro Tuho Kecamatan Lahewa, keunikannya sama seperti laut mati yang ada antara negara israel dan yordania, orang yang berenang tidak akan tenggelam tetapi mengapung di atas air laut, tepiannya banyak karang yang tersebar digaris pantai, gelombang lautnya tenang dan airnya jernih.

Berita dari Masjid

Artikel pilihan untuk peningkatan pengetahuan dan berbagi dari seluruh masjid di Indonesia.