Kebahagiaan Hakiki bagi Muslim Beriman dan Beramal Saleh

Kebahagiaan Hakiki bagi Muslim Beriman dan Beramal Saleh

Gambar Ilustrasi Kebahagiaan Hakiki bagi Muslim Beriman dan Beramal Saleh

Tentang Penulis
 Ahmad subagja  | Masjid Al Hurriyyah IPB University

Ahmad subagja | Masjid Al Hurriyyah IPB University

| Kampus IPB, Gd. Al Hurriyyah, Jl. Agatis No.1, Babakan, Kec. Dramaga, Bogor, Jawa Barat 16680

Masjid Al-Hurriyyah merupakan masjid kampus Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat. Pertama kali dibangun pada tahun 1965 dan masih berukuran relatif kecil serta terletak di tengah hutan karet yang menjadi kondisi awal dari kampus IPB ketika itu. Pada tahun 1992, Masjid Al-Hurriyyah kedua dibangun di sebelah masjid Al-Hurriyyah yang pertama dan kini mampu menampung hingga 5.000 jamaah. Arsitek masjid Al-Hurriyyah yang kedua adalah Achmad Noe'man, seorang maestro arsitektur masjid di Indonesia yang juga merancang Masjid Salman Institut Teknologi Bandung dan Masjid At-Tin.
Masjid ini terdiri dari tiga lantai, dengan lantai pertama diperuntukkan untuk berwudhu, aula, toko buku, dan perpustakaan. Lantai kedua merupakan ruang utama sholat untuk laki-laki serta sejumlah ruangan multi fungsi yang dinamakan berdasarkan Khulafaur Rasyidin secara berurutan. Lantai tiga merupakan ruang untuk sholat perempuan. Di luar masjid terdapat taman yang luas, kediaman ketua Dewan Keluarga Masjid, dan kediaman pemuda pengurus masjid.
Selain sebagai tempat ibadah, masjid Al-Hurriyyah juga digunakan sebagai tempat kajian Islam secara rutin mingguan maupun insidental, dan diselenggarakan oleh pengurus masjid maupun lembaga kemahasiswaan di Institut Pertanian Bogor. Masjid ini termasuk dalam satu dari tujuh masjid kampus megah di Pulau Jawa versi Detikcom.