Doa Menyambut Ramadan Sesuai Sunah
Sodikin | MASJID BAITUL MUKHLISIN
2022-03-31 21:26:57

Doa Menyambut Ramadan Sesuai Sunah

Awal puasa Ramadan 2022 akan ditentukan melalui sidang Isbat yang digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada Jumat, 1 April 2022 mendatang. Selagi menanti keputusan dari pemerintah, umat muslim dapat menyiapkan diri dengan mengamalkan doa menyambut Ramadan sesuai sunnah.
Amalan berdoa sebelum menyambut Ramadan sendiri telah diungkap dalam salah satu riwayat hadits Rasulullah SAW. Beliau menyebut, bulan Ramadan menjadi momen yang tepat di mana Allah SWT memperkenankan doa hamba-hambaNya.

"Ramadan telah mendatangi kalian, bulan yang penuh dengan keberkahan, Allah meliputi kalian dengannya, Dia menurunkan rahmat dan menghapus kesalahan-kesalahan, memperkenankan doa, Allah memerhatikan persaingan (kebaikan) kalian di dalamnya, para malaikat membangga-banggakan kalian, mereka memperlihatkan pada diri-diri kalian akan kebaikan, sesungguhnya orang yang celaka yaitu, siapa yang diharamkan padanya rahmat Allah SWT." (HR Ath Thabrani).

Kesempatan yang datang sekali setahun ini sudah seyogianya dimanfaatkan sebaik mungkin oleh seorang muslim. Saat Ramadan tiba, menukil dari tulisan Drs. Sunhaji Hadi Mustofa dalam buku Setets Embun Hikmah Ramadan, Rasulullah SAW juga mengajak para sahabatnya untuk menyambut Ramadan atau fa marhan bih.

Meskipun tidak ada doa secara khusus yang dilafalkan Rasulullah dalam keterangan hadits, ada doa menyambut Ramadan yang diamalkan oleh ulama salaf terdahulu. Khususnya sebagai bentuk pengharapan agar mendapat kesempatan berjumpa dengan bulan Ramadan. Ibnu Rajab Al-Hambali berkata:

ﻗَﺎﻝَ ﺑَﻌْﺾُ ﺍﻟﺴَّﻠَﻒُ : ﻛَﺎﻧُﻮْﺍ ﻳَﺪْﻋُﻮْﻥَ ﺍﻟﻠﻪَ ﺳِﺘَّﺔَ ﺃَﺷْﻬُﺮٍ ﺃَﻥْ ﻳُﺒَﻠِّﻐَﻬُﻢْ ﺷَﻬْﺮَ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ، ﺛُﻢَّ ﻳَﺪْﻋُﻮْﻧَﺎﻟﻠﻪَ ﺳِﺘَّﺔَ ﺃَﺷْﻬُﺮٍ ﺃَﻥْ ﻳَﺘَﻘَﺒَّﻠَﻪُ ﻣِﻨْﻬُﻢْ

Artinya: Sebagian salaf berkata, "Dahulu mereka (para salaf) berdoa kepada Allah selama enam bulan agar mereka dipertemukan lagi dengan Ramadan. Kemudian mereka juga berdoa selama enam bulan agar Allah menerima (amal-amal shalih di Ramadhan yang lalu) mereka," (Latha'if Al-Ma'arif).

Sejumlah doa yang bisa dilafalkan umat muslim dalam menyambut Ramadan dapat disimak pada rangkuman yang dinukil dari buku Madrasah Ramadhan oleh Dr. 'Aidh al-Qarni dan Kumpulan Doa Ramadhan terbitan Kedaulatan Santri.

Doa Menyambut Ramadan Sesuai Sunnah
1. Versi Pertama
Berdasarkan riwayat hadits dari Thalhah bin Ubaidillah, doa ini dilafalkan oleh Rasulullah SAW ketika beliau melihat bulan sabit atau hilal sebagai tanda masuknya bulan Ramadan. Berikut bacaannya:

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلَامِ، رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Bacaan latin: Allahumma ahillahu 'alaina bil amni, wal imani, was salamati, wal islami. Rabbi wa rabbukallahu. Hilalu rusydin wa khairin.

Artinya: "Ya Allah, pertemukan bulan Ramadan yang telah mendatangi kami dalam keadaan aman dan beriman, dalam keadaan selamat dan Islam. Wahai bulan sabit! Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah. Dan sungguh engkau adalah bulan yang baik dan telah memberi petunjuk kepada kami."

2. Versi kedua
Doa Puasa Jelang Ramadhan (Foto: Buku KESAN)
Bacaan latin: Allahumma ahillahu 'alaina bil amni wal imani was salamati wal islami wal 'afiyatil mujallalati wa difa'il asqomi wal 'aini 'alash sholati wash shiyami wa tilawatil qur'ani. Allahumma sallimnaa liromadhona, wasallamahu lanaa, wa sallamahu minna hatta yakhruju romadhona wa qad ghofarta lanaa warahmatunaa wa 'afawta 'annaa.

Artinya: "Ya Allah, pertemukan bulan ini dengan kami dalam keadaan aman, iman, keselamatan, Islam, sehat yang prima, kebal dari penyakit, dan pertolongan untuk salat, puasa, dan membaca Al Quran. Ya Allah, serahkan kami pada Ramadhan ini. Serahkan Ramadhan pada kami. Selamatkan Ramadhan dari kami. Hingga selesai bulan Ramadhan sedang Engkau telah mengampuni kami, Engkau telah merahmati kami, dan Engkau memaafkan kami."

Ramadan merupakan bulan yang penuh kemuliaan dan keberkahan. Rasulullah SAW menyebutkan, setan dan jin dibelenggu, pintu neraka ditutup, hingga pintu surga pun dibuka ketika Ramadhan tiba.

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ

Artinya: "Telah datang bulan Ramadan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan." (HR Ahmad).

Jadi, yuk, sama-sama menyambut Ramadan 2022 dengan memperbanyak amal kebaikan seperti membaca doa di atas. Semoga informasi doa menyambut Ramadan sesuai sunnah ini dapat bermanfaat ya.


Doa Menyambut Ramadan Sesuai Sunah

Gambar Ilustrasi Doa Menyambut Ramadan Sesuai Sunah

Tentang Penulis
 Sodikin  | MASJID BAITUL MUKHLISIN

Sodikin | MASJID BAITUL MUKHLISIN

| PONDOK UNGU PERMAI SEKTOR V BLOK O RT 10 RW 027 KELURAHAN BAHAGIA KECAMATAN BABELAN KABUPATEN BEKASI KODE POS 17612

MASJID BAITUL MUKHLISHIN dibangun pada tahun  2003 MASJID BAITUL MUKHLISHIN merupakan kategori Masjid Jami .
MASJID BAITUL MUKHLISHIN beralamat di Pondok Ungu Permai Sektor V Blok O RT 010 RW 027 Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi
MASJID BAITUL MUKHLISHIN memiliki luas tanah 800 M2, luas bangunan 500 M2 dengan status tanah wakaf. MASJID BAITUL MUKHLISHIN memiliki jumlah jamaah 400 orang jumlah muazin 10 orang jumlah remaja 40 orang dan Jumlah Khotib 30 orang .