Dilarang Bawa Anak ke Masjid, Ini Aturan Khusus di Arab Saudi Saat Ramadan
Ahmad subagja | Masjid At Taqwa
2023-10-27 00:31:35

Dilarang Bawa Anak ke Masjid, Ini Aturan Khusus di Arab Saudi Saat Ramadan

Otoritas Arab Saudi akan menerapkan sejumlah aturan khusus selama bulan suci Ramadan, yang berlaku di masjid-masjid setempat. Aturan khusus itu mencakup larangan penggalangan dana untuk buka puasa, larangan kamera di dalam masjid, hingga larangan membawa anak-anak ke masjid.

Seperti dilansir Saudi Gazette dan Gulf News, Rabu (8/3/2023), aturan-aturan khusus itu dimuat dalam surat edaran yang diterbitkan oleh Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Bimbingan Sheikh Dr Abdullatif Al-Sheikh untuk semua cabang kementerian beberapa waktu terakhir.

Surat edaran itu membahas soal perlunya mempersiapkan masjid untuk melayani para jemaah sebagai persiapan menyambut Bulan Suci Ramadan 1444 Hijriah.

Dilarang Bawa Anak ke Masjid, Ini Aturan Khusus di Arab Saudi Saat Ramadan

Dalam surat edarannya, Al-Sheikh menginstruksikan para imam dan muazin untuk mematuhi secara aturan yang berlaku untuk tugas mereka. Para imam dan muazin juga diimbau tidak absen dari masjid selama Ramadan, kecuali sangat mendesak.

Jika ada imam atau muazin yang absen, maka mereka harus menugaskan seseorang untuk menggantikan tugas-tugas mereka dan pengganti itu harus mendapatkan persetujuan cabang kementerian di wilayah yang dimaksud.

Surat edaran itu juga meminta para imam dan muazin untuk mematuhi kalender Umm Al-Qura dan mengumandangkan azan tepat waktu selama Ramadan. Para imam masjid juga diimbau memperhatikan kondisi jemaah saat salat Tarawih dan mematuhi tuntunan Nabi dalam doa Kunut selama salat Tarawih.

Tidak hanya itu, para imam masjid juga diminta mempertimbangkan untuk menuntaskan salat Tahajud dalam waktu yang cukup sebelum azan Subuh sehingga tidak memberatkan jemaah, serta menghindari salat yang berkepanjangan. Membawa sejumlah buku yang bermanfaat untuk jemaah masjid, menurut surat edaran itu, sangatlah penting.

Soal iktikaf selama Ramadan, surat edaran itu meminta para imam masjid bertanggung jawab dalam mengaturnya dan memastikan tidak adanya pelanggaran terkait iktikaf yang terjadi.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Tentang Penulis
 Ahmad subagja  | Masjid At Taqwa

Ahmad subagja | Masjid At Taqwa

| Citra Raya, Tangerang

At Taqwa dibangun pada tahun -. At Taqwa merupakan kategori Masjid Raya. At Taqwa beralamat di Citra Raya, Tangerang . At Taqwa memiliki luas tanah , luas bangunan dengan status tanah . At Taqwa memiliki jumlah jamaah orang jumlah muazin orang jumlah remaja orang dan Jumlah Khotib orang .

Tenda & Kanopi Membrane Untuk Masjid. Delivery & Pemasangan sampai di Kota Antum

Wujudkan Kenyamanan Masjid Anda, dengan Kanopi Membrane, Awet sampai 15 tahun!

kanopi-untuk-masjid ciptakonstruksi