Biksu Thudong Disuguhi Kopi dan Dawet Saat Singgah di Masjid Temanggung
Ahmad subagja | Masjid At Taqwa
2024-06-11 08:14:32

Biksu Thudong Disuguhi Kopi dan Dawet Saat Singgah di Masjid Temanggung

Rombongan Biksu Thudong yang hendak pemeringati Waisak di Candi Borobudur ternyata sempat singgah di sebuah masjid di Temanggung untuk istirahat. Takmir masjid menyambut mereka dengan hangat.

Momen tersebut terjadi di sebuah masjid yang ada di daerah Bengkal, Kranggan, Kabupaten Temanggung pada Minggu (19/5/2024).

Ketua Takmir Masjid Baiturrohmah, Fatkhulrohman (53) menceritakan peristiwa itu. Menurutnya, pihak takmir mendapat pemberitahuan dari panitia bahwa bahwa rombongan biksu itu akan singgah untuk istirahat.

Biksu Thudong Disuguhi Kopi dan Dawet Saat Singgah di Masjid Temanggung

Kepada detikJateng, Fatkhulrohman (53) mengatakan, awalnya mengetahui jika ada perjalanan biksu thudong mau ke Candi Borobudur untuk mengikuti Waisak. Kemudian panitia thudong di Temanggung menyampaikan surat untuk meminta izin beristirahat.

"Kami terus berembuk dengan takmir lain diperbolehkan. Terus untuk menyambut tamu, mempersiapkan segalanya. Intinya hanya untuk istirahat, tapi kami yang merasa kedatangan ya tetap menyediakan minum dan snack secukupnya," kata Fatkhulrohman saat ditemui detikJateng di rumahnya, Senin (20/5).

Minuman yang disediakan ada kopi, dawet, soda maupun minuman suplemen lainnya. Untuk minuman suplemen tersebut merupakan dari donatur.

"Kalau minuman dari masjid, kopi, teh dan dawet," tuturnya.

Setelah mendapatkan penyambutan dari takmir masjid, para biksu thudong menyampaikan terima kasih. Kemudian sebelum meninggalkan masjid sempat mendoakan untuk warga Bengkal.

Pimpinan Rombongan Biksu Thudong, Bhante Kamsai Sumano Mahathera mengaku terkesan dengan penyambutan warga di sepanjang jalan yang dilalui. Baik itu datang dari siswa sekolah, maupun petani yang sedang di sawah memberikan bunga. Hal inilah yang memperlihatkan kerukunan umat beragama.

Apalagi, mereka juga mendapat sambutan yang sangat hangat saat singgah untuk beristirahat di sebuah masjid.

"Kami masuk (masjid) seperti keluarga sendiri karena sudah siap semuanya. Setelah kami minum, kami berdoa bersama," ujarnya.

Tentang Penulis
 Ahmad subagja  | Masjid At Taqwa

Ahmad subagja | Masjid At Taqwa

| Citra Raya, Tangerang

At Taqwa dibangun pada tahun -. At Taqwa merupakan kategori Masjid Raya. At Taqwa beralamat di Citra Raya, Tangerang . At Taqwa memiliki luas tanah , luas bangunan dengan status tanah . At Taqwa memiliki jumlah jamaah orang jumlah muazin orang jumlah remaja orang dan Jumlah Khotib orang .

Tenda & Kanopi Membrane Untuk Masjid. Delivery & Pemasangan sampai di Kota Antum

Wujudkan Kenyamanan Masjid Anda, dengan Kanopi Membrane, Awet sampai 15 tahun!

kanopi-untuk-masjid ciptakonstruksi